Mitsubishi Tawarkan Mobil Kargo Listrik  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 2 Oktober 2009 10:41 WIB
I-Miev

i-MiEV dari astraTEMPO Interaktif, Jakarta - Komitmen Mitsubishi dalam memproduksi kendaraan hybrid, benar-benar nyata.

Selain mengembangkan varian Spport Ulitility Vehicle (SUV) bersumber tenaga listrik, yaitu PX-MiEV, pabrikan asal Jepang ini juga akan mengembangkan kendaraan angkut i-MiEV Cargo.

Kedua kendaraan listrik itu, rencananya akan dipajang di hajatan Tokyo Motor Show yang berlangsung 24 Oktober sampai 4 November mendatang.

Keduanya merupakan hasil pengembangan i-MiEV. Namun, i-MiEV Cargo dirancang sebagai mobil angkut komersial ringan yang diperuntukkan bagi pengusaha yang sadar terhadap lingkungan.

Sesuai dengan fungsinya sebagai kendaraan angkut, mobil ini memiliki kapasitas yang cukup besar. Berbentuk seperti kubus, dan dengan lebar 1,35 meter, kedalaman 1,180 m, dan ketinggian 1,1 m, setiap sudutnya bisa dimanfaatkan untuk mengangkut barang.

Seperti pendahulunya, i-MiEV, mobil i-MiEV Cargo ini dibekali permanent magnet synchronous electric motor sebagai dapur sumber tenaga listriknya. Perangkat itu, mampu menghantarkan tenaga sebesar 64 daya kuda, serta torsi maksimum 180 Nm.

“Bila baterai terisi penuh, mobil mampu melesat hingga 160 kilometer per jam. Namun itu tergantung dari beban yang diangkut,” aku sumber Mitsubishi seperti yang dikutip worldcarfans.com.

Sementara itu, PX-MiEV merupakan varian Sport Ulitility Vehicle (SUV). Sumber listrik yang berdaya 60 kW diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 82 daya kuda, dengan torsi maksimum 200 Nm.

PX juga dilengkapi teknologi terbaru berupa Super All Wheel Control (S-AWC) yang mampu menggerakkan roda secara bersamaan. Pengisian listrik SUV yang tampilan eksteriornya mirip dengan Mitsubishi Outlander itu, bisa dilakukan dengan cara pengereman atau langsung diisi dengan menyambungkan kabel batere ke stop kontak listrik di rumah.

 

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi