Kiyora Mobil Irit Andalan Mazda
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 2 Oktober 2009 15:34 WIB
AP Photo/Eugene Hoshiko

TEMPO Interaktif, Jakarta - Mazda Motor Corporation akan memamerkan mobil konsep teranyarnya, Mazda Kiyora pada hajatan Tokyo Motor Show (TMS) ke 41 yang akan berlangsung 24 Oktober – 4 November mendatang.

mobilMobil itu dibekali mesin SKY-D berkapasitas 1.300 cc dan dipadukan dengan teknologi SKY Drive 6 Speed Otomatic Transmission. Mazda juga menyebut, dari hasil uji coba yang dilakukan Japan’s 10 -15 mode test cycle, kendaraan itu hanya membutuhkan satu liter bahan bakar untuk 32 kilometer jarak yang ditempuh.

Dalam siaran persnya seperti yang dikutip nihoncar.com, Mazda menyebut, mobil itu merupakan aplikasi dari hasil inovasi teknologi teranyar mereka yang akan dipamerkan pada gelaran Tokyo Motor Show 2009.

Di ajang itu, pabrikan asal Jepang ini akan memamerkan dua mesin generasi terbaru produknya. Keduanya adalah, mesin bensin direct injection SKY-G Mazda serta mesin diesel SKY-D. Keduanya diklaim ramah lingkungan, namun memiliki tingkat torsi tetap tinggi karena efisiensi pembakaran lebih optimal.

SKY-G mesin bensin 2.000 cc direct injection itu, teknologi variable valve timing-nya (VVT) telah disempurnakan sehingga mampu menghasilkan efisiensi bahan bakar hingga 15 persen. Sementara, torsi mesin ini disebut-sebut sama dengan torsi varian sport Mazda, yaitu Mazda 3 2.0.

Sedangkan SKY-D adalah mesin diesel 2.200 cc dengan efisiensi bahan bakar hingga 20 persen.

Keduanya dilengkapi teknologi sistem transmisi baru yang dinamakan SKY Drive Otomatic Transmission. Sistem konverter torsi dan kopling yang ada selama ini didesain ulang dan dilengkapi fitur dual clutch transmission sehingga pergesaran tingkat transmisi pun lebih halus dan berlangsung secara cepat.

Walhasil tingkat konsumsi bahan bakar lebih hemat. Dan hasil dari serangkaian inovasi itu adalah Mazda Kiyora.

ARIF ARIANTO

 

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi