Daihatsu Tak Akan Luncurkan Terios Facelift  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 5 Oktober 2009 19:02 WIB
Tempo/Arnold Simanjuntak

TEMPO Interaktif, Jakarta:Kendati PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Toyota akan meluncurkan versi facelift Toyota Rush pada pekan ini, namun PT Astra Daihatsu Motor (PT ADM) tak akan melakukan hal yang sama untuk Daihatsu Terios, kembaran Toyota Rush.

Daihatsu TeriosAlasannya, Daihatsu telah melakukannya pada awal tahun. Bahkan, awal bulan ini ada penambahan fitur baru yaitu perangkat Global Positioning System (GPS)

"Yang kedua,itu kan hanya aksesoris saja bukan dari pabrikan di Jepang. Perubahan aksesoris itu, kami melakukannya setiap tahun, atau siklus tahunan. Jadi kalau kembaran Terios yaitu Rush facelift diluncurkan, kami tidak melakukan hal yang sama," papar Elvina Afni, Kepala Divisi Pemasaran PT ADM, saat dihubungi Tempo, Senin (05/10).

Elvina tak menampik bila perubahan tampilan, kendati hanya kecil, akan memengaruhi persepsi konsumen. Namun, konsumen juga menyadari bahwa perubahan tersebut hanya sebatas pada aksesoris saja, bukan pada aspek yang mendasar yaitu mesin, karena memang sifatnya facelift.

Lantarn itulah, meski tidak mengikut jejak Toyota yang meluncurkan versif faclift kembaran Terios, Daihatsu mengaku tak khawatir akan ditinggalkan konsumen. "Tidak begitu," tutur Elvina.

Namun kemungkinan akan ada versi facelift bisa terjadi kapan saja. Pasalnya, langkah tersebut juga terkait dengan strategi pemasaran. "Sehingga bagi konsumen ada sesuatu yang baru, ada perubahan atau inovasi. Tapi kami kan sudah ada siklusnya kapan dilakukan," sebutnya.

Apalagi, menurut Elvina, minat konsumen terhadap varian low Sport Utility Vehicle (SUV) Daihatsu itu cukup baik. Sepanjang Agustus lalu misalnya, penjualan wholesale produk Daihatsu mencapai 5.667 unit, dan penjualan ritel atau langsung ke konsumen mencapai 5.868 unit.

"Dari jumlah itu penjualan Terios mencapai 1.158 unit. Sedangkan penjualan ritel Terios pada September mencapai 1.005 unit," jelas Elvina.

Seperti diketahui, pada awal April 2009 lalu, Daihatsu menaikkan harga Terios, Xenia, Siron, dan Grand Max. Terios Rp 3.500.000, Xenia Rp 2.500.00, Sirion Rp 5.000.000, Gran Max naik Rp 2.000.000. Kenaikan harga terjadi lagi pada 1 Oktober lalu.

Elvina beralasan kenaikan harga jual itu karena adanya tambahan aksesori berupa GPS.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi