Ford: Kendaraan Yang Ditarik Tidak Beresiko Tinggi
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 14 Oktober 2009 15:09 WIB
Logo Ford Motor Company yang menarik 4.5 juta kendaraannya produksi 1995-2003.
TEMPO Interaktif, Jakarta - Ford Motor Company (FMC) di Amerika menegaskan pihaknya melakukan penarikan kembali sekitar 4,5 juta kendaraan produksi 1995-2003 untuk memberikan kenyamanan bagi konsumennya. Meski sebagian besar merupakan produksi tahun 1995-2003 bahkan sebagian sudah tidak diproduksi lagi alias discontinued.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ford melakukan penarikan kembali kendaraan yang telah beredar saat ini--jumlahnya diperkirakan sebanyak 4,5 juta unit--yang dilengkapi dengan tombol deaktivasi pengatur kecepatan dari Texas Instruments.

Berdasarkan pemeriksaan, data menunjukkan bahwa mayoritas kendaraan yang akan ditarik tidak berisiko signifikan terhadap keamanan kendaraan. "Meski demikian, kami melakukan penarikan kendaraan untuk menambah keyakinan kepada seluruh pelanggan dan meminimalkan kekhawatiran yang mungkin timbul di masa depan," tulis keterangan resmi Ford Motor Company yang diterima Tempo, Rabu (14/10).

Penarikan kembali produk ini hanya akan berlaku bagi mobil Ford model lama termasuk beberapa kendaraan yang sudah tidak diproduksi lagi (discontinued). Mayoritas adalah kendaraan dengan usia lebih dari 10 tahun sampai 18 tahun.

Ford memegang teguh komitmen untuk bertindak cepat manakala teridentifikasi ada masalah keamanan di kendaraan. Dalam kasus ini saja misalnya 1,1 juta unit Ford Windstars keluaran tahun 1995–2003 memiliki risiko rendah untuk terjadinya kebakaran pada kendaraan.

"Penarikan kendaraan yang ada sekarang bukan karena pertimbangan risiko keamanan, melainkan untuk memberikan keyakinan kepada setiap pelanggan dan mengeliminasi kekhawatiran-kekhawatiran di masa depan," tulis Ford.

Ford menyebutkan pihaknya memiliki jumlah suku cadang yang memadai untuk proses penarikan ini. Semua dealer akan memberikan layanan kepada setiap kendaraan yang terkena program ini tanpa dikenakan biaya. Para pemilik kendaraan akan menerima pemberitahuan melalui surat mulai akhir Oktober 2009.

Ford tidak bertanggungjawab bila timbul asap atau api yang timbul akibat kecelakaan, luka-luka atau cacat tetap berkenaan dengan SCDS dalam program penarikan kembali kendaraan ini. 

RAJU FEBRIAN

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi