Opel Akan Luncurkan Corsa Irit Bahan Bakar  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 4 November 2009 20:51 WIB
.

TEMPO Interaktif, Jakarta:Pabrikan otomotif Opel telah merilis rincian tentang konsep mobil Opel generasi terbaru yang rencananya diluncurkan 2010 mendatang, yaitu Opel ecoFLEX.

Seperti dikutip worlcarfans.com, sumber Opel menyebut mobil ini dibekali mesin 1.300 cc CDTI Turbodiesel. Mesin sebesar itu mampu menyemburkan tenaga 70 KW atau 95 daya kuda dan torsi 190 Nm.

Corsa ecoFLEXDengan didukung oleh sistem transmisi lima kecepatan, akselerasi dari 0-100 kilometer per jam dicapai generasi terbaru hatchback Corsa itu dalam waktu 12,3 detik. Sedangkan kecepatan maksimum mencapai 177 kilometer per jam.

Disebutkan pula, berkat tekonologi mesin dan sistem transmisi itu, konsumsi bahan bakar Corsa baru ini rata-rata 3,7 liter untuk jarak tempuh 100 kilometer. Sedangkan emisi gas buang CO2 yang dihasilkan 98 gram per kilometer (dan 99 gram per kilometer untuk tipe lima pintu).

Dibanding generasi sebelumnya, tenaga Corsa 2010 ini lebih besar 28 persen, sementara tingkat konsumsi bahan bakar lebih hemat 10 persen. Sementara, mobil yang akan diluncurkan pada Januari 2010 itu lebih rendah 20 milimeter dibanding model sebelumnya.

Mobil ini menggunakan velg ukuran 14 inchi (15 inchi opsional). Sasis Corsa baru ini, memadukan pengendalian sistem suspensi dengan penggunaan Dynamic Safety Chassis (DSA). Sistem itu diklaim mampu meningkatkan stabilitas dan kemampuan pengereman meski mobil harus melibas lintasan rusak dan licin.

Opel juga menyebut, teknologi power steering Opel baru itu lebih peka. Walhasil, dengan gabungan sistem transmisi baru yang disematkan membuat Corsa ecoFLEX itu lebih responsif bermanuver terutama di tikungan.

Seperti diketahui, Opel Corsa model sebelumnya mengusung mesin 1.000 cc 12V dengan daya maksimal 58 daya kuda pada 5600 rpm dan torsi maksimal 85 Nm pada 3800 rpm.

Kecepatan maksimal 155 kilometer per jam. Sedangkan konsumsi bahan bakar 6,3 liter untuk 100 kilometer jarak yang ditempuh.

Namun sayang, hingga kini, Opel belum memberikan rincian berapa Corsa ecoFLEX ini akan dibanderol.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi