VW Golf GTi Generasi Enam Dilepas Rp 575 Juta
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 5 November 2009 21:41 WIB
TEMPO/Adri Irianto
TEMPO Interaktif, Jakarta -@page { size: 21cm 29.7cm; margin: 2cm } P { margin-bottom: 0.21cm } --> PT Garuda Mataram Motor, Agen Tunggal Merek Volkswagen di Indonesia meluncurkan generasi ke-enam Volkswagen (VW) Golf GTi. Mobil yang diklaim sebagai mobil harian yang memiliki roh sport itu dibanderol Rp 575 juta.

Dan untuk tahun ini, Indonesia hanya dijatah 15 – 30 unit oleh prinsipal di Jerman. ”Itu pun sudah dipesan oleh konsumen loyal VW dan tinggal delivery saja. Karena animo yang begitu besar, maka pada tahun depan kami mengupayakan menjadi 100 unit,” papar Andrew Nasuri Kepala Eksekutif PT GMM, di sela peluncuran mobil tersebut, di Jakarta, Kamis (05/11).

Hatchback lima pintu itu dibekali mesin 2,0 liter, turbocharger, injeksi langsung, serta twin stratified injection (TSI) yang merupakan teknologi mesin khas Volkswagen.

“Dengan kombinasi antara kompresor dan exhaust turbocharger yang melengkapi satu sama lain, dihasilkan torsi maksimal tanpa harus memikirkan konsumsi bahan bakar.” ujar Eko Julianto Kepala Pusat Pelatihan VW, PT GMM.

Lantaran itulah, VW Golf GTi ini diklaim mampu menyemburkan tenaga 210 daya kuda pada 5.300-6.200 rpm dan torsi maksimum 230 Newton meter (Nm) pada 1,750-5.200 rpm.

Di sisi lain, dibanding generasi sebelumnya, tampilan mobil sport ini makin gagah, dengan ornamen bodi yang lebih tegas, grill dan air intake dengan lapisan garis warna merah menambah kesan macho. Terlebih pada roda, terlihat velg ukuran 18 inci.

Bahan bodi dibuat dari baja tipis, bukan alumunium sehingga semakin menambah kekokohan mobil namun tetap ringan.

Untuk soal keamanan, tak berubah dibanding generasi sebelumnya, antilock brake system (ABS), electronic brake force distribution (EBD), dan sebagainya. Yang terang, kini airbag ditambah satu lagi yaitu untuk lutut pengemudi, sehingga total airbag mencapai tujuh unit.

Selain itu mobil berdimensi panjang 4.213 milimeter (mm), tinggi 1.786 mm dan lebar 1.501 mm, serta jarak sumbu roda 2.578 mm itu telah dinyatakan lolos uji European New Car Assesment Programme (Euro NCAP) satu tes keselamatan standar Eropa. "Bahkan mendapatkan peringkat bintang lima atau tertinggi," aku Andrew.

ARIF ARIANTO
#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi