Chevrolet Beat Resmi Meluncur di India
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 5 Januari 2010 09:18 WIB
AP Photo

Pabrikan otomotif General Motors (GM) di India, Senin (04/01) meluncurkan varian city car Chevrolet Beat.  GM menyebut, mobil mungil yang dibekali mesin 1.000 cc DOHC, empat silinder , dan 16 katup itu, nantinya juga akan disebar ke 150 negara, baik di Asia, Eropa, maupun Amerika. Namun sayang tak disebutkan berapa banderol mobil  yang memiliki panjang 3,640 meter, dan lebar  2,375 meter itu.

 

Peluncuran di India yang bertepatan dengan penyelenggaraan pameran otomotif New Delhi Auto Show 2010 itu, bagi GM sangat menentukan. Pasalnya , India merupakan salah satu pasar utama otomotif dunia selain Cina. Dan kendaraan kecil merupakan kunci, karena saat ini India dikenal sebagai pasar mobil kecil terbesar di dunia.

 

“Sehingga, jika Anda ingin menjadi pemain global, maka Anda harus berada di segmen ini. Dan (Beat) merupakan produk ketiga kami di India , karena kami sebelumnya telah memiliki (Chevrolet) Spark dan Yuya,” ungkap Karl Slym, Presiden Direktur GM India seperti dikutip Auto Ten.

Chevrolet Beat yang pernah muncul di film Transformers II - Revenge of The Fallen itu, merupakan hasil produksi kongsi antara General Motors dengan Daewoo Motors di Korea Selatan. Mobil yang ditujukan untuk segmen usia muda perkotaan itu diklaim irit bahan bakar. Sebab, kata sumber di GM di Korea , mobil ini dilengkapi dengan teknologi pengontrol suhu yang ditempatkan di mesin. Sehingga membantu mesin untuk berhemat dalam mengkonsumsi bahan bakar.

Selain itu, mobil ini juga disebut sangat rendah emisi. Teknologi S-TEC II yang ada di mesin mobil bertransmisi otomatis dengan empat tingkat percepatan itu, diklaim telah memenuhi standar Korea Ultra Low Emission Vehicle. “Standar ini sangat ketat,” aku sumber GM itu.

 

Lantas kapan mobil ini diboyong ke Indonesia ? Beberapa waktu lalu, Mukiat Sutikno, Managing Director  PT General Motors Autoworld Indonesia (GMAI) menyebut, kemungkinan meluncurkan city car itu pada Juni-Juli mendatang."Akan kami ambil dari Korea Selatan," kata Mukiat Sutikno.

 

ARIF ARIANTO

TEMPO Interaktif, Jakarta -

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi