Opel Meriva Mobil Berukuran Kompak Bergaya Funky
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 5 Januari 2010 11:39 WIB
dok: motoauthority.com

General Motors kembali akan meluncurkan  generasi terbaru varian Multi Purpose Vehicle Opel Meriva. Seperti dikutip motorauthority, sumber di GM menyebut MPV berukuran kompak itu akan diluncurkan dengan hitungan mundur (kick off) di pabriknya di Saragossa, Spanyol, bersamaan dengan kehadirannya  di pameran otomotif Geneva Auto Show Maret mendatang.

 

Mobil berukuran kompak ini bergaya funky. Model pintu misalnya  dirancang  berengsel di bagian depan dan belakang. Sehingga pintu bagian depan dibuka ke arah depan dan sebaliknya pintu belakang dibuka ke arah belakang. Sehingga pintu bisa dibuka dan penumpang keluar dari mobil dalam waktu bersamaan. Pintu juga bisa terbuka hingga sudut 90 derajat. Model pintu itu persis seperti model pintu Roll Royce Panthom dan Ghost atau Mazda RX8.

 

“Dengan demikian, akses para penumpang akan lebih leluasa. Penumpang belakang tidak harus menunggu penumpang depan membuka pintu dan turun dari mobil terlebih dahulu untuk membuka pintu. Dan sebaliknya,”

 

Mobil yang model konsepnya pernah diboyong ke arena pameran otomotif Jenewa  2008 lalu itu, akan dibekali mesin 1.400 cc turbocharger dan ditawarkan dalam dua pilihan jenis mesin yaitu bensin dan disel. Tenaga yang disemburkan oleh mesin mobil bensin diklaim mencapai 140 daya kuda. Sementara untuk mesin disel 95 – 160 daya kuda.

 

Selain itu juga akan diproduksi versi EcoFlex yang berbahan bakar gas. Mobil ini disebutkan, bertenaga 87 daya kuda dengan emisi gas buang 129 gram per kilometer.

 

Sumber di GM itu menambahkan, untuk tahap awal mobil  ini  akan dipasarkan di Eropa, kemudian di Amerika Selatan dengan nama Chevrolet Meriva. Setelah itu akan menyerbu pasar berbagai negara. Namun sayang, hingga kini GM belum menyebut kisaran harga dari mobil tersebut.

 

ARIF ARIANTO

TEMPO Interaktif, Jakarta -

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi