Hyundai Santa Fe 2010, Andalan Baru Hyundai Motors
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 19 Januari 2010 16:55 WIB
.

TEMPO Interaktif, Jakarta - Pabrikan otomotif Korea Selatan, Hyundai Motors  tak ingin melawatkan perhelatan North American International Auto Show (NAIAS) 2010 di Detroit yang berlangsung 11- 24 Januari untuk memperkenalkan produk terbarunya. Di ajang itu, pabrikan ini meluncurkan generasi terbaru varian Sport Utility Vehicle (SUV) yang kesohor di Amerika, Hyundai Santa Fe.

Kini tipe mesin disel SUV dengan tujuh penumpang itu, menggunakan mesin baru 2.400 cc DOHC Theta II empat silinder. Mesin itu diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 175 daya kuda dan torsi  maksimum 228 Newton meter (Nm).

Generasi sebelumnya menggunakan mesin 2.700 cc V6  yang menghasilkan tenaga 185 daya kuda dan torsi maksimum 247 Nm. Memang, daya yang dihasilkan mesin baru itu sekilas lebih kecil, namun soal torsi yang dihasilkan lebih besar dan irit bahan bakar. Tingkat emisi gas buangnya pun rendah dan sudah memenuhi standar Euro 5.

Sementara tipe mesin disel yang sebelumnya bermesin Lambda 3.300 cc V6 diganti New Lambda II 3.500 cc V6 . Mesin baru itu menghasilkan tenaga 276  daya kuda dan torsi 335 Nm. "Mesin bertenaga besar ini diklaim mampu menjelajah berbagai lintasan dan irit bahan bakar," kata sumber Hyundai seperti dikutip autoten.

Disebutkan konsumsi bahan bakar Hyundai Santa Fe baru itu satu liter untuk 9,3 kilometer jarak yang ditempuh. Tetapi sayang, belum ada keterangan resmi soal harga. Sekadar perbandingan, Santa Fe mesin bensi generasi sebelumnya berbanderol Rp 385,2 juta on the road Jakarta. Pesaing terkuat dari SUV ini adalah Nissan X Trail 4x4 dan Toyota Fortuner 2.7.

Lantas akankah SUV baru itu diboyong ke Indonesia? Sumber di Hyundai Motor Indonesia mengaku bisa saja SUV tersebut dipasarkan ke Indonesia. Hanya saja, generasi baru itu masih difokuskan untuk pasar Amerika dan Eropa.

"Untuk pasar Indonesia dan beberapa negara Asia  tentu ada spesifikasi tersendiri. Misalnya stir kanan, kalau yang ada sekarang kan masih stir kiri. Kalau potensi pasarnya sih di Indonesia cukup bagus," akunya tanpa bersedia memberi kepastian kapan mobil itu dipasarkan di Indonesia.

Menurutnya, daya pikat Hyundai Santa Fe cukup besar. Tahun lalu saja, penjualannya di seluruh dunia mencapai angka 2 juta unit. Tak hanya itu. SUV yang dimulai diperkenalkan  Juni 2000 itu juga mengantongi sejumlah penghargaan berskala global untuk tingkat kenyamanan dan keamanan.

Di antara penghargaan itu, kata sumber tersebut, adalah Top Safety Pick dari Insurance Institute for Highway Safety  pada 2008 dan Strategic Vision untuk Total Quality Award yang diberikan di 2008 juga. "Itu menjadi bukti bahwa SUV ini diakui dunia. Saya kira, konsumen di Indonesia juga memiliki minat yang besar. Potensi pasarnya cukup bagus," terang dia saat dihubungi.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi