Harley Davidson Sportster 48 Resmi Diluncurkan
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 25 Januari 2010 16:48 WIB
Dok: www.autoevolution.com
TEMPO Interaktif, Jakarta - Pabrikan motor besar Harley Davidson, Sabtu (23/1) lalu meluncurkan varian 1200 Sportster terbarunya, yaitu Forty-Eight atau disebut XL 1200X di ajang pameran New York International Motorcycle Show 2010. Varian sporster baru itu kental dengan aura hot rod.

"Model forty eight terbaru ini mengkomibinasikan antara model dan pengalaman masa lalu dengan tren yang ada saat ini,” tutur Ray Drea, Direktur Desain Harley Davidson seperti dikutip autoevolution. Motor ini menggunakan tangki yang berbentuk seperti kacang tanah (peanut) persis seperti model H-D 125-S yang diproduksi 1948. Sementara velg ukuran 16 inci yang dipadu ban ukuran 130 mm di depan dan 150/80B16 di belakang menguatkan aura hot rod.

Terlebih, spakbor depan dan belakang yang berbentuk chop semakin menambah kuat aura tersebut. Harley baru bermesin 1200 cc V-Twin Electronic Sequential Port Fuel Injection (ESPFI) itu terbilang pendek karena tinggi tempat duduk dari tanah hanya 25 inci atau 63,5 centimeter dengan jok model solo.

Sementara penutup saringan udara, hand control dan indikator bodinya dibalut kelir hitam khas model klasik. Sementara pilihan warna yang ditawarkan Vivid Black, Brilliant Silver dan Mirage Orange .

Harley Davidson menegaskan akan menggenjot penjualan varian terbaru ini justeru di luar Amerika. Chief Executive Officer Harley Davidson Keith Wandell seperti dikutip The Wall Street Journal mengatakan perusahaannya akan terus melakukan ekspansi di luar Amerika pada tahun ini. Langkah itu dilakukan mengingat masih lesunya pasar otomotif Amerika.

Sementara itu, Irvino Edwardly, Country General Manager PT Mabua Harley Davidson, Agen Tunggal Pemegang Merek Harley di Indonesia, menyebutkan tipe itu telah dipasarkan di Indonesia. “Sudah ada pesanan, saya lupa persisnya tetapi belasan,” sebut Irvino.

Namun sayang, Irvino yang masih berada di luar negeri tak menyebut harga jual di Indonesia . Sedangkan di negeri asalnya, motor ini dibanderol US$ 10.499 atau sekitar Rp 98, 1 juta. “Karena masih krisis, beberapa model terbaru yang di Amerika sendiri belum dipasarkan di Indonesia sudah bisa dipesan. Termasuk tipe Sportster Forty Eight,” ujar dia.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi