Perusahaan Cina dan Amerika Berkongsi Produksi Mobil Listrik  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 25 Januari 2010 17:00 WIB
SUV listrik Jonway A380 yang akan diproduksi perusahaan otomotif Cina, Zhejiang Jonway Automobile Co. Ltd, dengan perusahaan Amerika ZAP. (bioage.typepad.com)
TEMPO Interaktif, Jakarta - Perusahaan otomotif Cina, Jonway Zhejiang Cina Automobile Co Ltd, dan produsen mobil listrik Amerika, Zap, resmi berkongsi untuk memproduksi mobil listrik. Nantinya, mobil listrik produksi mereka tak hanya dipasarkan di Cina, tetapi juga untuk pasar global.

Demikian situs Gasgoo mengutip pernyataan sumber di perusahaan mobil dari Negeri Tirai Bambu itu. Disebutkan pula, pabrikan itu nantinya tidak hanya memproduksi varian Sport Utility Vehicle (SUV) lima pintu, tetapi juga varian sedan.

“Kedua perusahaan akan memasarkan SUV 5-pintu yang menggunakan sistem baterai lithium. Saat ini Jonway memproduksi SUV tiga dan lima pintu, dan ke depan akan memproduksi sedan dan model lainnya,” tutur sumber itu.

Zap akan meneliti dan mengembangkan teknologi di Santa Rosa, California, dan kemudian lisensi teknologi tersebut akan digunakan untuk proyek kerja sama dengan Jonway. Sementara kapasitas produksi tahunan pabrik Jonway di Taizhou mencapai 50 ribu unit.

Sumber itu menambahkan keseriusan proyek ini tak lepas dari dukungan pemerintah Cina untuk memasyarakatkan mobil listrik. Pemerintah, sebut dia, akan membangun infrastruktur jaringan listrik untuk stasiun pengisian baterai mobil listrik pada Juni mendatang.

Upaya pemerintah Cina itu dilandasi keinginan untuk memutus ketergantungan impor bahan bakar dari fosil. Pemerintah negeri ini menargetkan 10 tahun mendatang, negaranya sudah bebas dari impor bahan bakar dari bahan fosil.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi