Fitur Daihatsu Mira Cocoa Raih Penghargaan
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 29 Januari 2010 20:00 WIB
Rear Camera Display (RCD) Daihatsu Mira Cocoa yang menerima 2010 RJC Technology of the Year oleh peneliti Otomotif & Journalists Conference of Japan (RJC). (Dok. Daihatsu)

TEMPO Interaktif, Jakarta - Meraih penghargaan karena fitur? Terobosan itu didapatkan Daihatsu Mira Cocoa. Fitur Automatic-dimming rearview mirror serta Rear Camera Display (RCD) yang diadopsi Daihatsu Mira Cocoa diakui oleh peneliti Otomotif & Journalists Conference of Japan (RJC) sebagai salah satu dari 6 besar teknologi baru di penghargaan 2010 RJC Technology of the Year.

Selain secara otomatis mendeteksi dan menghilangkan silau headlamp berbahaya dari kendaraan di belakang, cermin RCD Gentex membuat mundur lebih aman dan lebih mudah. Ketika kendaraan masuk ke gigi "mundur", sebuah layar liquid crystal display (LCD) muncul melalui cermin tersebut memberikan pandangan secara langsung ke daerah di belakang kendaraan. Layar LCD akan menghilang dengan sendirinya ketika kendaraan dialihkan ke gigi lain.

Fitur cermin RCD Gentex ini diperkenalkan ke pasar Jepang mulai awal tahun ini pada Daihatsu Mira Cocoa, mobil kompak paling popular yang dirancang untuk menarik pembeli wanita usia muda.

Menurut RJC Automotive, cermin Gentex auto-dimming RCD dipilih karena fitur ini memudahkan proses mundur dan parkir paralel, terutama bagi pengendara muda yang kurang percaya diri saat berjalan mundur. Desainnya yang cerdas dan harga yang terjangkau, turut menjadikannya poin plus.

Dibenamkannya teknolgi hebat ini pada Mira Cocoa patut diacungi jempol. Pasalnya, mobil ini hanya diperkuat mesin 660 cc tiga silinder dengan tenaga cuma 58 hp dan torsi maksimum 65 Nm. Guna menggerakkan mobil mungil ini Daihatsu menanamkan transmisi empat percepatan otomatis.

Mobil yang diperkenalkan awal Agustus 2009 lalu itu dibanderol dengan rentang harga 1-1,36 juta Yen atau sekitar Rp 105 sampai Rp 150 juta.

RAJU FEBRIAN

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi