Honda Indonesia Akan Tarik Honda City  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 1 Februari 2010 17:51 WIB
www.mynetbizz.com

TEMPO Interaktif, Jakarta - Kendati belum ada peristiwa terkait permasalahan saklar power window di mobil sedan medium Honda City, namun PT Honda Prospect Motor (HPM) melakukan antisipasi kemungkinan terjadinya masalah di bagian tersebut. Lantaran itu pula, Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Honda di Indonesia itu akan melakukan penarikan Honda City di Indonesia mulai 1 Maret mendatang.

honda city"Memang ini belum ada peristiwa (kecelakaan -red). Beberapa hari terakhir kami di HPM melakukan pengecekan terhadap Honda Jazz, ternyata part itu (saklar power window) tidak ada masalah. Namun saat mengecek bagian yang sama di Honda City kami khawatir, karena menggunakan part yang sama," tutur Jonfis Fandy Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT HPM saat dihubungi Tempo di Jakarta, Senin (1/2).

Jonfis menambahkan Honda City yang akan ditarik itu adalah model keluaran 2007 dan 2008. Dia juga menegaskan, penarikan tersebut bukan bertujuan untuk mengganti saklar yang ada tetapi hanya memperbaiki dan memastikan bahwa saklar tersebut aman.

"Jadi kami hanya melakukan treatment saja, dan memastikan bahwa part (saklar -red) itu aman bagi kendaraan dan aman bagi pengemudi dan penumpangnya. Tetapi kalau memang ada yang perlu diganti ya akan kami ganti," tandas Jonfis.

Kepada para pemilik Honda City, Jonfis meminta untuk segera menghubungi dealer resmi Honda di seluruh Indonessia. "Dan treatment atau perbaikan ini diberikan gratis tidak dipungut biaya sama sekali," terang dia.

Menurutnya, penarikan kembali suatu produk bukan berarti ada permasalahan serius di produk yang bersangkutan. Justeru sebaliknya, langkah penarikan kembali merupakan wujud tanggungjawab produsen untuk memastikan produknya tetap aman. Sehingga keselamatan dan kenyamanan konsumen tetap terjamin.

"ttu merupakan bagian dari layanan kami kepada konsumen. Jadi kepada pemilik Honda City saya harap juga tidak panik atau mempunyai penafsiran bermacam-macam, ini murni bagian dari layanan kami kepada konsumen," tandasnya.

Seperti diketahui isu penarikan kembali salah satu produk Honda yaitu varian hatchback Honda Jazz dalam beberapa hari terakhir santer dimana-mana. Kabar ini merebak menyusul penarikan kembali 171 ribu unit Honda Jazz di Inggris menyusul peristiwa terpanggangnya bocah dua tahun di Afrika Selatan karena mobil Honda Jazz yang ditumpanginya terbakar.

Kebakaran tersebut diduga berasal dari hubungan arus pendek di saklar power window yang terpercik air. Ihwal Honda Jazz memastikan tidak ada masalah. "Sudah kami cek, kami tes, part itu aman di Honda Jazz," tegasnya.

ARIF ARIANTO

#Otomotif
#PT Honda Prospect Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi