Bengkel Resmi Honda Siap Layani Perbaikan Honda City
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 2 Februari 2010 14:30 WIB
www.mynetbizz.com
TEMPO Interaktif, Jakarta - Sejumlah dealer dan bengkel resmi Honda saat ini masih menunggu kejelasan mekanisme penarikan kembali Honda City dari PT Honda Prospect Motor (HPM) yang direncanakan mulai 1 Maret mendatang. Meski demikian, kalangan dealer dan bengkel tersebut mengaku siap untuk memberikan layanan perbaikan piranti yang dianggap bermasalah.

Demikian pengakuan sejumlah bengkel resmi Honda kepada Tempo, Selasa (2/2). “Prinsipnya kami sudah siap untuk memberikan layanan dalam rangka recall ini. Namun demikian, kami masih menunggu dari pusat (Honda Prospect Motor), bagaimana teknis pemanggilan mobil,” tutur Hendrik Widjaja, Service Advisor Honda Jakarta Center, Jalan Pangeran Jayakarta, Jakarta.

Menurut Hendrik, pihaknya menunggu daftar mobil yang akan dipanggil untuk diperbaiki dari PT HPM. Berdasarkan pengalaman selama ini, pemanggilan biasanya didasarkan nomor mesin dan rangka (chassis) kendaraan. “Dengan demikian, yang kami layani nantinya bukan hanya pemilik kendaraan yang berada di wilayah Jakarta Pusat saja,” aku Hendrik.

Selain menunggu daftar mobil yang akan dipanggil, Honda Jakarta Center juga menunggu suku cadang pengganti yang akan digunakan. Piranti itu juga akan dikirimkan oleh PT HPM. “Kan pengumuman ini baru sehari yang lalu, sedangkan pelaksanaan recall ini 1 Maret. Walau demikian, kami siap membantu customer bila ada keluhan termasuk memberi tips-tips di saat darurat. Tapi itu bila ada keluhan,” papar Hendrik.

Kesiapan untuk melayani perbaikan dalam rangka penarikan kembali Honda City juga diungkapkan Honda Fatmawati yang berada di Jalan RS Fatmawati 21, Jakarta Selatan.

“Yang pasti, kami mengacu pada surat edaran dari PT HPM. Sesaat setelah pengumuman kami sudah mendapat edaran tersebut. Saat ini kami sedang menunggu daftar mobil yang akan dipanggil, dari pusat (HPM –red), apakah yang memanggil kami atau langsung pusat. Intinya kami siap,” ujar Surono, Koordinator Service Advisor Honda Fatmawati.

Seperti halnya di Honda Jakarta Center, kata Surono, bengkelnya juga siap melayani keluhan atau pertanyaan yang diajukan oleh pemilik mobil bila yang bersangkutan menemui masalah seputar power window.

Menurut dia, sejak kabar penarikan mobil Honda, khususnya Honda Jazz, menyeruak, beberapa pemilik mobil merek Honda termasuk Honda City yang menanyakan persoalan itu. Terlebih setelah ada pemberitaan tentang rencana penarikan Honda City. “Sejak kemarin (Senin 1/1) sudah beberapa customer yang menanyakan kapan proses recall dilakukan,” aku Surono.

Selain bertanya proses perbaikan, tidak sedikit di antara pemilik mobil itu yang bertanya seputar tips bila terjadi permasalahan di power window. “Kami berikan tips sekaligus kami yakinkan, selama ini belum ada kejadian sekali pun. Bahkan dari informasi yang kami terima spare part power window yang dipasang di mobil Honda di Amerika atau Eropa itu lain dengan yang ada di sini,” tandasnya.

Ferdi, Service Advisor Honda Mugen PT Mitrausaha Gentaniaga yang terletak di Pasar Minggu mengungkapkan hal senada. “Tetapi sejauh ini belum ada keluhan atau pertanyaan yang kami terima. Seandainya ada, kami pun siap melayani. Karena ini bagian dari pelayanan kepada konsumen,” tegas Ferdi.

Seperti halnya Hendrik dan Surono, Ferdi juga mengaku Honda Mugen Pasar Minggu telah menerima edaran dari PT HPM ihwal rencana penarikan Honda City. Kini pihaknya masih menunggu teknis penarikan kembali tersebut. “Termasuk suku cadangnya, tetapi kan baru sehari kemarin. Intinya kami siap,” aku dia.

Ketiganya juga mengaku selama ini belum pernah menemui persoalan di power window di sedan Honda City.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi