Lamborghini Siapkan Jota untuk Gantikan Murcielago
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 7 Februari 2010 08:24 WIB
Lamborghini Jota. @Scoopy/autoevolution.com
TEMPO Interaktif, Jakarta - Pabrikan supercar asal Itali, Lambhorgini, memulai gebrakannya. Pabrikan berlambang kepala banteng ini berencana meluncurkan mobil super cepat Lamborghini Jota pada akhir tahun ini atau paling telat awal 2011 mendatang.

Model terbaru itu disebut-sebut bakal menggantikan Lamborghini Murcielago yang dirilis pabrikan ini pada 2001 lalu. Meski kapasitas mesin Jota lebih kecil ketimbang Murcielago, tenaga yang disemburkan jauh di atas Murcielago.

Jota dibekali mesin 6.000 cc V12 dan diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 700 daya kuda. Sehingga tak heran bila akselerasi dari 0 – 100 kilometer per jam dicapai dalam tempo tiga detik. "Bahkan, kecepatan itu lebih cepat dari Anda saat menyebut kata Jota," sebut autoevolution.

Sementara mesin Murcielago 6.192 cc V12. Namun tenaga yang dihasilkan 571 daya kuda pada 7.500 rpm. Akselerasi kecepatan dari 0 – 100 kilometer perjam dicapai dalam waktu 4 detik.

Perbedaan lainnya, Jota diklaim lebih ringan dibanding Murcielago yang memiliki bobot 1,65 ton. Murcielago mampu melesat hingga 330 kilometer per jam, sedangkan Jota diklaim mampu mencapai kecepatan 350 kilometer per jam.

Menurtut sumber di Lamborghini, kini pabrikan itu telah memproduksi dua unit Jota. Namun sayang belum ada informasi yang menyebut ihwal harga. Sekadar catatan, Murcielago dibanderol 165 poundsterling atau sekitar Rp 2,6 miliar.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi