Kawasaki ZX6 Masih Dibanderol Rp 230 Juta  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 9 Februari 2010 13:58 WIB
autoevolution.com
TEMPO Interaktif, Jakarta - Kendati belum diluncurkan secara resmi varian sport Kawasaki ZX6R sudah bisa dipesan di dealer Kawasaki dengan harga Rp 220 – Rp 230 juta. Namun, PT Kawasaki Motor Indonesia mewanti-wanti harga itu sewaktu-waktu bisa berubah bila pemerintah jadi menaikkan tarif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) dari maksimal 75 persen menjadi 200 persen.

“Sehingga, apakah harga itu sampai akhir tahun bisa tidak berubah, kami tidak bisa menjamin. Sekarang masih di rentang harga Rp220 – Rp 230 juta. Pemesanan bisa di semua dealer Kawasaki di seluruh Indonesia,” tutur Freddyanto Basuki, Manajer Penjualan Nasional, Riset dan Pengembangan PT KMI saat dihubungi, Selasa (9/2).

Ia menuturkan generasi anyar Ninja 600 itu hingga saat ini masih diimpor secara utuh dengan tarif bea masuk hingga 45 persen. Sedangkan tarif pajak yang digunakan untuk asumsi harga Rp 220 – Rp 230 juta tersebut masih tarif lama yaitu 75 persen.

Pertengahan Desember 2009, Dewan Perwakilan Rakyat telah menyetujui Rancangan Undang-Undang Perpajakan, di antara Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) baru yang diajukan oleh pemerintah. Beleid baru tersebut menetapkan tarif PPnBM kini tidak lagi maksimal 75 persen tetapi 200 persen.

Ihwal permintaan terhadap varian sport itu, Freddy mengaku cukup tinggi khususnya para pecinta balap di tanah air, meski dilihat dari penjualan secara umum volumenya kecil. “Valuenya cukup tinggi. Dan kami yakin ZX 6 ini mendapatkan respons yang baik karena Kawasaki juga memiliki reputasi yang bagus di varian sport. Sudah ada beberapa pesanan yang masuk sejak diperkenalkan berbarengan dengan peluncuran Kawasaki Edge 30 januari lalu,” aku Freddy tanpa menyebut angka pasti pesanan itu.

Motor yang generasi pertamanya (Ninja 600) diluncurkan pada 1995 itu, masih menggendong mesin 599 cc dengan 16 katup dan transmisi enam percepatan. Mesin sebesar itu mampu menyemburkan tenaga hingga 119 PS pada 12.500 rpm dan torsi maksimum 66,7 Newtonmeter pada 11.800 rpm. Motor ini mampu melesat hingga kecepatan 200 kilometer per jam.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi