Camry dan Corolla Indonesia Beda dengan yang di Recall
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 10 Februari 2010 22:22 WIB
Tampilan dua pedal gas berbeda yang digunakan Toyota. (Raju Febrian/TEMPO)
TEMPO Interaktif, Jakarta - PT Toyota Astra Motor (TAM) memastikan Toyota Camry dan Toyota Corolla di Indonesia tidak masuk dalam program recall yang dilakukan Toyota Motor Corp. "Basis produksinya beda, artinya produk dan perangkatnya juga beda," kata Johnny Darmawan Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor di Jakarta, Rabu (10/2) siang.

Sebanyak 8 model Toyota direcall di Amerika karena terkait masalah pada pedal gas. Ke-8 model tersebut adalah RSV-4 (2009-2010), Corolla (2009-2010), Matrix (2009-2010), Avalon (2005-2010), Camry (2007-2010), Highlander (2010), Tundra (2007-2010), dan Sequoia (2008-2010).

Dari 8 produk tersebut hanya dua model yang beredar di Indonesia yaitu Camry dan Corolla. Namun Johnny memastikan kedua model yang ada di Indonesia saat ini bebas recall alias aman. Ia berani menjamin karena basis produksi kedua model yang masuk di Indonesia datang dari Thailand.

Johnny juga menegaskan distributor pedal gasnya juga datang dari dua perusahaan yang berbeda. "Yang Indonesia dipasok Denso sedangkan di Amerika dipasok oleh CTS," kata Johnny.

Joko Trisanyoto, Direktur Marketing PT TAM, dan Dedy Hendriadi, Technical Division Head PT TAM, menunjukkan kedua model pedas gas yang dimaksud pada wartawan.

Sistem pedal gas yang digunakan di Indonesia sangat sederhana karena hanya terdiri dari tiga bagian yaitu pedal (foot force), pedal pivot sekaligus sensor (bekerja saat pedal ditekan), serta per pembalik (return spring) di bagian atas. (Lihat gambar)

Sementara itu, sistem pedal bikinan CTS lebih rumit. Pedal pivot dan sensor dibuat terpisah, sedangkan per pembalik berada di bawah.

"Saat pedal ditekan, maka per mendorong guide yang kemudian bergesekan dengan pedal pivot. Nah, karena aus, guide masuk terlalu dalam dan seret," kata Dedy.

Ia mengatakan untuk mengatasinya, Toyota memasang semacam ring tipis dari baja di tengah-tengah guide dan pedal pivot sehingga tidak aus.

Johnny kembali menegaskan bahwa kalaupun ada masalah pada Camry dan Corollo di Indonesia tidak terkait dengan recall seperti di Amerika. "Itu bisa karena masalah khusus di Indonesia," katanya.

Bagaimana cara kerja dan perbaikannya? Silahkan lihat penjelasan di laman resmi Toyota Amerika di sini: http://www.toyota.com/recall/videos/jimlentz2.html

RAJU FEBRIAN

#Otomotif
#Toyota Astra Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi