Juke Andalan Baru Nissan di Pasar Crossover  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 11 Februari 2010 10:30 WIB
Nissan Juke. netcarshow.com
TEMPO Interaktif, Sunderland - Predikat Nissan Motor sebagai pelopor produksi varian crossover kini semakin kuat dengan hadirnya crossover baru besutan pabrik ini. Berbeda dengan crossover yang diproduksi sebelum, Nissan Juke yang akan diluncurkan di hajatan Geneva Auto Show 2010 Maret mendatang itu dinamai Crossover Urban Vehicle (CUV) atau crossover untuk kegiatan di wilayah kota, semacam city car.

Seperti dikutip thaiautomaxx.com, Andy Palmer, Senior Vice President, Product Planning, Nissan Motor Co., Ltd mengatakan, crossover anyar itu akan ditawarkan dalam dua tipe mesin. Keduanya adalah mesin 1.600 cc empat silinder bertenaga 107 daya mesin 1.800 cc empat silinder segaris yang mampu menyemburkan tenaga hingga 122 daya kuda.

“Juke penuh dengan nuansa petualangan. Ringan, reaktif, dan gesit dengan kualitas tinggi yang dirancang bagi segmen usia muda. Dengan kata lain, Juke menawarkan sesuatu yang berbeda dengan kendaraan B-segment lainnya,” papar Andry.

Memang, tampilan Juke berbeda dengan keluarga Nissan lainnya. Malah bisa dibilang paduan beberapa varian di trah Nissan. Grill misalnya menggunakan desain Murano, lampu utama yang besar mirip dengan milik X-Trail sehingga kesan macho begitu kuat. Bodi crossover bergaya coupe dua pintu itu terkesan kekar dengan bentuk bulat.

“Desain Juke ini mencerminkan rasa optimisme. Dengan mengkombinasikan berbagai elemen dari dua genre untuk menghasilkan crossover kecil namun memancarkan rasa percaya diri yang tinggi tetapi tidak meninggalkan unsur gaya,” tutur Shiro Nakamura, Senior Vice President for Design and Chief Creative Officer Nissan Motor.

Tampilan eksterior dan interior Juke dirancang di Pusat Desain Nissan Eropa di London Inggris dan pembangunan konstruksinya dilakukan di Pusat Desain Nissan di Jepang.

Sedangkan produksi Juke ini dilakukan di pabrik Nissan di Sunderland, wilayah Timur Daya Inggris.

Namun sayang, belum ada kterangan resmi ihwal harga dan wilayah pemasaran yang akan disasar crossover keluaran pabrikan asal Jepang itu. Maklum, peluncurannya baru Maret mendatang.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi