VW Siap Pasarkan New VW Touareg Mulai April  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 11 Februari 2010 18:06 WIB
Tampilan eksterior New Volswagen Touareg baru yang dipasarkan April 2010. (www.netcarshow.com)

TEMPO Interaktif, Muenchen -Pabrikan otomotif asal Jerman Volkswagen AG, yang belakangan kerap menyatakan tekadnya untuk menjadi yang terbesar di pasar otomotif global, terus menggelontorkan produk-produk anyar. Rabu (10/2) kemarin misalnya, pabrikan ini meluncurkan generasi tebaru Volkswagen (VW) Touareg.

Selain ditawarkan dalam mesin bensin dan diesel, VW juga menawarkan Touareg anyarnya itu dalam versi hybrid. Sumber di Volkswagen menyebut, Touareg baru itu bobotnya lebih ringan 208 kilogram atau 20 persen lebih ringan dibanding pendahulunya.

Walhasil konsumsi bahan bakar juga lebih hemat. VW mengklaim, konsumsi bahan bakar Touareg anyar ini 8,2 liter untuk 100 kilometer (km) atau 12,2 km per liter. Bahkan tipe mesin diselnya, TDI V6nya konsumsi bahan bakar satu liter untuk jarak 13,5 kilometer.

Generasi baru ini dibekali mesin 3.600 V6 FSI yang mampu menyemburkan tenaga hingga 280 daya kuda dan torsi maksimum 360 Newton meter (Nm). Sementara emisi gas buangnya mencapai 236 gram per km atau turun 60 gram per km dibanding generasi sebelumnya.

Sedangkan versi hybridnya dibekali (khusus untuk Eropa dan Amerika) mesin bensin V8 Supercahrger V6 TSI (twin stratified injection) yang menghasilkan tenaga hingga 333 daya kuda dan dipadu dengan baterai dengan voltase tinggi. "Versi ini menggunakan transmisi otomotis dengan delapan tingkat percepatan," tutur sumber VW.

Sederet fitur terbaru juga disematkan di Touareg baru tersebut. Diantaranya, electronic stabilisation programme (ESP), trailer stabilisation, sembilan buah effective network airbags, lampu kabut depan termasuk static cornering lights, serta lampu rem adaptive yang akan melakukan pengreman otomoatis secara penuh di saat ada insiden.

Selain itu mobil ini juga dilengkapi side assist yaitu sebuah lampu peringatan bila disamping atau belakang ada kendaraan lain di saat mobil ini akan pindah jalur.

Tak lupa VW menambahkan piranti yang bernama Hill Start and Hill Descent Assist ke mobil ini. Dengan dilengkapi pengatur gearshift points otomatis, mobil bisa disetel untuk melewati lintasan dengan kemiringan 30 derajat atau 45 derajat.

Fitur lainnya, pintu belakang bisa dibuka tutup dengan menggunakan remote control. Sementara sunroof kini lebih lebar.

Namun hingga kini, belum ada keterangan resmi ihwal harga mobil ini. Sebab peluncuran secara resmi akan dilakukan di ajang Genewa Auto Show, Maret mendatang. Namun manajemen VW menyebut penjualannya baru dilakukan mulai April.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi