Chevrolet Silverado Terbaru, Tak Sekadar Ganti Wajah
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 15 Februari 2010 13:40 WIB
.
TEMPO Interaktif, Chicago - Di gelaran Chicago Auto Show yang berlangsung 12–21 Februari 2010 ini, pabrikan otomotif Amerika General Motors memang tak meluncurkan produk baru dan hanya sekadar menampilkan versi facelift atau edisi khusus dari model yang telah ada. Kendati begitu kehadiran versi facelift produknya, khususnya Chevrolet Silverado Heavy Duty cukup membetot perhatian pengunjung hajatan tahun di Chicago, Amerika Serikat itu.

Memang, dibanding versi sebelumnya, pick up kabin ganda Chevrolet itu tampil dengan ubahan yang membawa kesegaran. “Tampilan eksterior baru, termasuk bumper depan yang dilapis krom jauh lebih ramping. Begitu pula dengan kap mesin dengan variasi lekuk tudung tambahan, serta grill model terbaru,” papar sumber GM seperti dikutip worldcarfans.com

Sumber itu menyebut GM memfokuskan pada 11 titik perubahan pada Silverado Heavy Duty facelift itu. Mulai dari sasis, mesin, hingga fitur pendukungnya. Sasis baru itu, diklaim mampu menyokong bobot mobil yang 16.000 lbs. Bahkan, guna mendukung kenyamanan pada sumbu roda depan, dipasang piranti suspensi baru dengan berat 6.000 lbs. Daya angkut pun bertambah, kini mencapai kurang lebih 9.072 kilogram.

Sementara untuk dapur pacu, GM membekali Silverado dengan mesin Duramax baru berkapasitas 6.600 cc V8 turbodiesel. Selain lebih tahan banting, mesin ini juga diklaim lebih ramah lingkungan karena emisi gas buangnya lebih rendah.

Tak hanya itu. Performa mesin pun diklaim lebih mumpuni. Akselerasi dari 0 – 100 kilometer per jam misalnya, dicapai dalam tempo 9 detik.

GM juga meningkatkan fitur kenyamanan dan keamanan produknya ini.

Sistem pengereman misalnya, kini dibuat lebih besar dan dengan exhaust braking rancangan baru. Fitur lainnya yang ada adalah, trailer sway control, integrated trailer brake control, hill start assist, automatic grade braking dan intelligent brake assist.

Meski mobil masuk dalam trah kendaraan truk, kenyamanan mobil ini tak kalah dengan mobil penumpang. Hal itu berkat kehadiran fitur canggih berupa WiFi mobile, sambungan USB, Bluetooth, Radio Satelit XM, OnStar 9.0, serta perangkat sistem navigasi. Tak lupa, jok yang berbalut kulit kelas wahid semakin memancarkan aura kemewahan.

Pada bagian luar, aura kokoh semakin bertambah dengan hadirnya velg 20 inci dengan palang berbentuk bintang. Yang pasti, meski GM menyebut hanya versi facelift, ternyata Silverado tak sekadar ganti wajah.

Namun sayang, GM tak menyebut, berapa banderol mobil yang mulai dipasarkan pada musim panas itu.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi