Mercedes Vito Hanya Diproduksi 100 Unit  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 15 Februari 2010 16:30 WIB
.
vitoTEMPO Interaktif, Berlin - Tak hanya sedan saja yang kini tengah digenjot produksinya oleh Mercedes Benz. Setelah meluncurkan S-Class dan C-Class anyar, kini giliran mobil van yang diproduksi pabrikan asal Jerman itu. Menariknya, mobil  baru itu bertenaga listrik.

Van bernama Mercedes Vito itu akan mulai diproduksi akhir 2010. Untuk tahap awal, Mercedes hanya menggarap 100 unit saja dan 20 unit di antaranya siap dikirimkan ke pembeli. “Pembeli dalam jumlah besar, adalah lembaga penyedia jasa angkutan umum dan lembaga publik lainnya,” kata sumber pabrikan ini seperti dikutip worlcarfans.com.

Siaran pers Mercedes menyebutkan Vito menggunakan energi listrik yang disimpan dalam baterai ion lithium berkapasitas hingga 32 kilo watt jam (kWh). Sumber tenaga sebesar itu diklaim mampu untuk merengkuh jarak hingga 130 kilometer.

Sementara, tenaga dari baterai itu dikrimkan ke motor listrik yang berkapasitas 90 kilo Watt, Dengan tenaga sebesar itu, Vito mampu melesat hingga 80 kilometer per jam. “Prototipe baterai ini, pekan lalu telah diluncurkan di San Sebastian Spanyol, yaitu berbarengan dengan pertemuan Dewan Keunggulan Eropa,” sebut Mercedes.

Vito akan diproduksi di pabrik Mercedes Benz yang terletak di wilayah 160 kilometer sebelah Selatan Vitoria, Spanyol. Mercedes menambahkan bila uji coba di pasaran ini berhasil, maka akan meningkatkan produksi hingga 2.000 unit Vito baru.

Namun sayang, hingga kini belum ada keterangan resmi ihwal harga. Begitu pun dengan wilayah yang akan disasar Vito.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi