Boon Luminas Baru Tak Akan Dijual di Indonesia
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 16 Februari 2010 11:51 WIB
autoevolution.com

TEMPO Interaktif, Jakarta - Bekerja sama dengan Toyota Motor Corp (TMC), Daihatsu Motor Co Ltd (DMC) meluncurkan hatchback Daihatsu Boon Luminas. Mobil ini kembaran dari Toyota Passo yang diperkenalkan dalam waktu yang sama, Senin (15/2).

Seperti halnya Passo, Boon Luminas generasi kedua ini juga ditawarkan dalam dua varian mesin. Pertama, mesin 1.000 cc 1KR-FE yang sistem transmisinya dilengkapi teknologi continously variable timing (CVT) dan berpenggerak roda depan.

“Model anyar ini selain dilengkapi teknologi CVT, juga sangat irit bahan bakar dan rendah emisi,” ujar sumber DMC dalam rilisnya seperti dikutip autoevolution.com

Pabrikan ini mengklaim Luminas baru ini mengkonsumsi satu liter bahan bakar untuk jarak 22,5 kilometer. Sedangkan emisi gas buangnya hanya 58 mili per gram. Sedangkan varian mesin 1.300 cc dilengkapi dual variable valve timing-intelligent system (DVVT-i) mengonsumsi satu liter bahan bakar untuk jarak 21 kilometer.

“Boon Luminas merupakan kendaraan Daihatsu untuk pasar Jepang yang pertamakali diproduksi bersama TMC. Mobil ini selain lincah bermanuver, memiliki kabin yang kuas, juga sangat bergaya,” sebut DMC.

Ihwal fitur keamanan, Daihatsu menyebut Luminas generasi teranyar itu juga dilengkapi SRS airbag bagi pengemudi dan penumpang depan, SRS airbag di samping pengemudi maupun penumpang di depan dan belakang, serta sandaran kepala yang bersifat dinamis. Tak lupa sistem pengereman antilock braking system (ABS) dan electronic brake force distribution (EBD) juga disematkan di mobil ini.

Namun, bagi Anda konsumen di Indonesia yang berminat untuk memiliki mobil ini nampaknya harus bersabar. Pasalnya, PT Astra Daihatsu Motor selaku Agen Tunggal Pemegang Merek Daihatsu di Indonesia mengaku belum berencana mendatangkan dan memasarkan Luminas baru itu.

“Bahkan kemungkinan besar tidak memasarkan Luminas,” tutur Elvina Afny, Kepala Divisi Pemasaran Domestik PT ADM kepada Tempo di Jakarta, Selasa (16/2).

Alasannya, meskipun harga Luminas baru ini belum diumumkan oleh DMC, tetapi kata Elvina, PT ADM telah menghitung dan memperkirakan dengan besaran banderol yang ada kecil sekali kemungkinan bisa bersaing.

“Kalau kami hitung-hitung, nanti harganya Rp 185 juta on the road. Dengan harga sebesar itu untuk mobil 1.300 cc seperti belum feasible kalau melihat pasar yang ada saat ini sehingga dari pada nanti pasarnya kecil lebih baik tidak dulu,” papar Elvina.

Namun, dia menolak bila disebut kemungkinan akan terjadi kanibal atau menggerus pasar Daihatsu Xenia bila Luminas tersebut dipasarkan di Indonesia. “Tidak. Karena harga dan segmen pasarnya juga berbeda. Kami melihatnya bila nanti dipasarkan dengan harga sebesar itu, pasarnya akan kecil sehingga tidak feasible,” akunya.

ARIF ARIANTO

 

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi