Ford Permak Sedan Mondeo Jadi Coupe Empat Pintu  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 17 Februari 2010 12:31 WIB
autoten.com
TEMPO Interaktif, Chicago - Pabrikan otomotif asal Amerika, Ford Motor Company, kini tengah serius menggarap salah satu produk mereka yaitu sedan Ford Mondeo untuk diubah menjadi coupe empat pintu. Bila tak ada aral melintang, coupe itu akan diluncurkan pada 2012 mendatang.

Sumber Ford seperti dikutip autotren menyebutkan coupe itu nantinya akan lebih sporty. Mobil yang disebut-sebut bakal menjadi pesaing berat Volkswagen Passat CC dan Mercedes CLS itu, juga akan dilengkapi frameless side windows, ventilasi vertikal di belakang roda depan, sirip C-pillars, dan lampu belakang 3D transparan.

Sumber ini juga mengatakan Ford akan membekali coupe tersebut dengan dua pilihan mesin seperti yang ada di Mondeo saat ini. Tipe pertama mesin disel dari metal titanium 2.200 cc yang bertenaga hingga 175bhp. Kedua mesin bensin 2.500 cc Turbocharger lima silinder yang mampu menyemburkan tenaga hingga 217 bhp.

Mondeo coupe ini juga diklaim bakal irit bahan bakar. Pasalnya, Ford melengkapinya dengan teknologi system start-stop secara otomotis. Sehingga di saat jalanan macet atau pengemudi bermaksud untuk mengentikan sementara mobilnya karena ada keperluan, maka mesin mobil juga mati dan sebaliknya. Dengan demikian, pemakaian bahan bakar bisa dihemat dan kadar emisi rendah.

Kedua tipe tersebut menggunakan sistem transmisi manual dengan enam percepatan.. namun Ford jugga memberi pilihan (opsional) sistem transmisi baru dengan dual clutch gearbox. Meski baru diluncurkan pada 2012, diperkirakan mobil ini akan dibanderol US$ 50 ribu atau sekitar Rp 465, 98 juta (kurs 1 dolar = Rp (9.319,66).

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi