BMW 130i, Paling Tahan Banting Versi Autobild
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 19 Februari 2010 20:07 WIB
BMW 130i (Dok. BMW)

TEMPO Interaktif, Berlin -  BMW 130i menjadi model paling 'tahan banting' dalam peringkat uji jangka panjang oleh majalah mobil terkemuka Jerman Autobild. Selain BMW 130i yang menjadi mobil dengan performa terbaik BMW 320i Touring menempati peringkat kelima.

Kedua model ini berhasil menempuh jarak 100.000 kilometer, tanpa gangguan sedikitpun. BMW 130i tidak hanya mencatat hasil terbaik sepanjang 2009, tetapi juga mencapai peringkat puncak untuk semua klasemen kendaraan yang pernah menempuh uji jarak tempuh tersebut.

Dalam rilis yang diterima Tempo, Jumat (19/2), disebutkan BMW 130i mendapatkan nilai 1+ (atau AAA) didalam tes tersebut, dimana para juri profesional harus mengakui kinerja mobil sport kompak BMW ini sebagai “Best Auto Bild Long-Term Test Car of All Time”.

Selain soal performa, BMW 130i juga dipuji juri karena kenikmatan berkendara yang ditawarkan oleh mobil tersebut. Disebutkan compact car ini juga jempolan dalam urusan kekuatan, putaran tinggi yang diraih dalam waktu cepat dan efisiensi dari mesin enam silindernya.

Nilai memuaskan yang dicapai oleh BMW 130i merupakan hasil tes jangka panjang terbaik yang pernah tercatat oleh Auto Bild di sepanjang tahun 2009.

Mobil kompak lima pintu ini berhasil menyelesaikan maraton 100.000 km-nya, meliputi jalur pendek dan panjang di Autobahn, dalam kurun waktu sekitar satu setengah tahun. Tantangan berat ini diselesaikan tanpa gangguan sedikitpun, dimana konsumsi oli mesin dan tingkat keausan kampas rem sepanjang periode pengujian sangatlah rendah.

Dalam laporan akhir mereka, para juri mengakui bahwa kualitas yang tinggi dari BMW 130i dapat terus dinikmati bahkan setelah mengalami berbagai tes yang berat. Mereka menekankan bahwa pada akhirnya “mobil tanpa cacat” ini tidak menunjukkan tanda-tanda keausan dan kelelahan sedikitpun.

Hanya saja tidak disebutkan siapa yang menjadi lawan BMW 130i dalam uji coba ini.

RAJU FEBRIAN

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi