Honda Siapkan Mesin Diesel Baru Berkapasitas Kecil
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 21 Februari 2010 20:38 WIB

TEMPO Interaktif, Tokyo - Pabrikan asal Jepang, Honda, bakal segera mengumumkan mesin diesel berkapasitas kecil milik mereka dalam waktu dekat. Kepala pusat riset dan pengembangan Honda Tomohiko Kawanabe mengatakan untuk saat ini mereka membidik pasat Eropa dan India.

"Jika Anda ingin bersaing di pasar seprti Indoa dan Eropa Anda butuh mesin diesel dengan kapasitas kecil," kata Tomohiko Kawanabe sebagaimana dikutip autoevolution.

Honda memang kalah bersaing dalam menjual produk-produknya di Eropa lantaran tak memiliki mesin berbasis diesel. Padahal selama ini permintaan akan kendaraan bermesin diesel oleh konsumen pasar Eropa terus meningkat.

Selama tujuh tahun terakhir, Honda hanya menawarkan satu model mesin diesel yaitu 2.2 liter i-CTDi. Mesin ini dinilai cukup sanggup bersaing karena rendah emisi CO2 dan NOx, tidak bising, bertenaga dan konsumsinya ringan. Klaim menyebutkan mesin ini hanya membutuhkan 5.4 liter bahan bakar untuk 100 km. Sayangnya mesin ini hanya dipasang di Accord untuk pasar Eropa.

Tahun 2008, Honda memperkenalkan generasi kedua yang disebut i-DTEC. Sama seperti pendahulunya, mesin ini juga cukup populer dan masuk jajaran pertama mesin yang lolos standar emisi EURO 5.

Namun sekali lagi, lantaran mesin ini hanya terbatas pada beberapa model, membuat Honda tak banyak berbicara di pasar Eropa. Kini, dengan mesin baru berkapasitas kecil yang mungkin bisa disematkan pada model seperti Honda Jazz, Honda berpeluang bersaing.

RAJU FEBRIAN

#Otomotif
#Honda

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi