Mercedes Gullwing Menjadi Safety Car di Balap Formula 1
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 28 Februari 2010 15:41 WIB
.

TEMPO Interaktif, London   :Pada musim balap Formula 1 yang digelar 2010 ini ada sesuatu yang baru, yaitu hadirnya Mercedes Benz SLS AMG Gullwing. Mobil dengan gaya futuristik yang masuk dalam jajaran model anyar di trah Mercedes itu menjadi mobil resmi pendukung tim keselamatan dan medis tim AMG di ajang balap Formula 1.

Mercedes Gullwing SLS"Bersama dengan tim AMG, kami sangat bangga New SLS AMG menjadi mobil resmi pendukung tim keselamatan dan keamanan selama gelaran balap Formula 1. Saya yakin para pecinta Mercedes akan kagum melihat Gullwing ikut bersama tim Mercedes GP Petronas di ajang balap Formula 1," tutur Volker Mornhinweg, Kepala Eksekutif Mercedes AMG GmbH seperti dikutip autoevolution.

Menurut siaran pers resmi dari Daimler AG, mobil baru pendukung tim keselamatan F1 itu juga memiliki spesifikasi yang sama dengan mobil yang digunakan di laga balap tersebut. Mesin, transmisi, sistem suspensi maupun sistem pengereman semuanya diproduksi dengan standar SLS AMG.

Mobil ini dibekali mesin 6.300 cc AMG V8 yang menyemburkan tenaga 571 daya kuda dan torsi maksimum 650 Newtonmeter. Sedangkan akselerasi kecepatan 0 - 100 kilometer per jam dicapai dalam tempo 3,8 detik. Mobil yang dibanderol US$ 254.000 atau sekitar Rp 2,3 miliar itu juga dilengkapi sistem suspensi AMG Speedshift DCT tujuh tingkat percepatan dengan teknologi kopling ganda.

Sedangkan piranti pengereman menggunakan bahan keramik komposit kelas wahid, ini digunakan untuk memaksimalkan sistem pengereman. Pebalap asal Jerman, Bernd Mayländer akan menjadi pengemudi safety car tersebut.

Namun, Daimler AG menegaskan meski AMG Gullwing ini menjadi mobil pendukung tim keselamatan Formula 1 yang baru, Mercedes-Benz C 63 AMG Estate yang selama ini digunakan sebagai safety car tetap menjadi mobil medis F1.

ARIF ARIANTO 

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi