Desain Toyota FT 86 Tak Berubah dari Versi Konsepnya
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 1 Maret 2010 15:57 WIB
Toyota FT 86 (www.netcarshow.com)

TEMPO Interaktif, Tokyo - Setelah sepekan sebelumnya sempat tersiar kabar Toyota FT 86 versi produksi akan mengalami perubahan dari versi konsepnya, Jumat (26/2) Toyota menegaskan tidak ada perubahan besar.

"Meski ada beberapa elemen yang berubah untuk memenuhi aturan standar keselamatan (tetapi sebagian besar sama dengan versi konsep). Pada bagian depan misalnya, akan dibuat lebih besar untuk memenuhi standar keamanan bagi pejalan kaki (yang menyeberang dan bila terjadi kecelakaan),” papar Jaromir Cech, Kepala Proyek Toyota FT-86, seperti dikutip motorauthority.com.

Sedan yang akan dibanderol US$ 20.000 atau sekitar Rp 185,4 juta itu merupakan produk hasil kongsi antara Toyota dan Subaru. Mobil yang konsepnya pernah dipajang di gelaran Tokyo Motor Show 2009, Oktober 2009 lalu itu disebut-sebut sebagai paduan antara keunggulan Toyota dan kecantikan desain Subaru.

FT-86 menggunakan konsep sporty dengan kursi 2+2, FT 86 dengan berpenggerak roda belakang atau rear wheel drive (RWD) seperti yang digunakan oleh Corolla AE86. Toyota Corolla AE-86 merupakan sedan sport Toyota yang diproduksi di dekade 80-an.

Kendati telah berusia tua, ketangguhan mobil itu di ajang kontes drifting (kontes mengemudi dengan teknik-teknik yang sangat sulit –red) masih diakui. Bahkan, kelincahan, kemantapan, maupun akselerasi kecepatannya tak kalah dengan mobil sport anyar.

FT-86 dibekali mesin 2.000 cc empat silinder, yang mampu menyemburkan tenaga hingga 200 – 250 daya kuda. Mobil yang menggunakan sistem transmisi manual enam kecepatan itu juga dilengkapi piranti rem ADVICS.

Toyota berencana memasarkan mobil ini mulai Desember 2012.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi