Nissan Indonesia: Tidak Ada Model Nissan yang Ditarik  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 1 Maret 2010 16:30 WIB
Logo Nissan (REUTERS/Toru Hanai)

TEMPO Interaktif, Jakarta - PT Nissan Motor Indonesia, selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Nissan di Indonesia memastikan tidak ada model keluaran Nissan di Indonesia seperti model yang saat ini tengah ditarik di Jepang.

Model ditarik di Negeri Matahari Terbit itu tidak dipasarkan di Indonesia. Selain itu, sampai hari ini belum ada pemberitahuan dari principal di Jepang kepada PT NMI bahwa ada produk yang harus ditarik di Indonesia.

"Sejauh ini kami belum menerima informasi dari principal atau informasi dari konsumen terkait adanya permasalahan di model Nissan seperti model yang ditraik di Jepang. Selain itu, kami memang tidak memasarkan model-model tersebut," tutur Teddy Irawan, Direktur Pemasaran PT NMI saat dihubungi Tempo di Jakarta, Senin (1/3).

Namun bila ternyata ada model seperti yang tengah ditarik kembali itu beredar di Indonesia, Teddy mengaku kemungkinan mobil tersebut dibeli dari importir umum.

"Karena kalau model itu dibeli dari importir umum, maka importer yang bersangkutan yang mengetahui. Kalau importir resmi atau ATPM, itu tahu kemana saja mobil yang bersangkutan, dan ATPM ini bertanggung jawab segala aspek layanan purna jualnya," papar dia.

Hingga hari ini (Senin 1/3) PT NMI juga belum menerima pengaduan maupun keluhan dari pemakai mobil Nissan di Indonesia terkait permasalahan seperti yang ada di Jepang. Lantaran itulah, Teddy menegaskan tidak ada produk Nissan di Indonesia yang ditarik.

Sebelumnya, seperti dilaporkan Kyodo News dan BBC News, Kamis (25/2), Nissan Motors Company mengatakan akan menarik melakukan 78. 696 unit produknya.

Penarikan dilakukan, kata Toshitake Inoshita juru bicara Nissan, karena adanya masalah di kabel kelistrikan yang menyebabkan mesin mati tiba-tiba saat dikendarai.

Dari jumlah yang ditarik itu, 76.415 unit diantaranya adalah model yang dipasarkan di Jepang dan 2.281 unit dipasarkan di luar Jepang.

Nissan juga mengatakan dari 10 model yang ditarik juga termasuk model hasil kongsi dengan Mazda. Diantara model yang di tarik itu adalah, Cube, Tiida, serta March yang produksi 2007 dan 2008.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi