Penambahan Piranti CX-9 Hanya Butuh 30 Menit  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 3 Maret 2010 18:27 WIB
Mazda CX-9 (Raju Febrian/TEMPO)

TEMPO Interaktif, Jakarta - Penambahan piranti sirkuit kontrol penghangat jok pada Mazda CX-9 hanya membutuhkan waktu 30 menit. Penambahan ini juga tidak dipungut biaya.

"Konsumen tinggal datang ke dealer resmi Mazda dan gratis," kata Astrid Ariani Wijana, Brand Communication PT Mazda Motor Indonesia (PT. MMI) ketika dihubungi Rabu (3/3).

Seperti yang diberitakan sebelumnya, MMI melakukan pemanggilan kembali untuk perbaikan (recall) terhadap 85 unit CX-9 di Indonesia. Sport Utility Vehicle (SUV) andalan Mazda itu disebutkan mengalami masalah pada penghangat jok (seat warmer) yang terletak di kursi depan.

Sebenarnya masalah ini beresiko minim, bahkan cenderung tidak ada di Indonesia. Pasalnya, seat warmer ini akan mengalami pemanasan berlebih (overheat) ketika dinyalakan dalam suhu ekstrim dingin di bawah (minus) -7° Celsius yang bisa menyebabkan sirkuit kontrol penghangat jok kepanasan oleh karena massa negatif (ground) yang tidak memadai.

"Kemungkinan terjadinya problem ini bagi pemilik CX-9 di Indonesia sangat minim, oleh karena iklim tropis yang berkisar antara 25° dan 28° C sehingga fungsi penghagat jok tidak diperlukan," kata Yoshiya Horigome, Presiden Direktur PT. Mazda Motor Indonesia.

Meski resikonya minim, Horigome menekankan bahwa pihaknya tetap melakukan langkah pengamanan sebagai tanggung jawab kepada konsumen. Ke-85 unit CX-9 yang ada di Indonesia memang masuk dalam daftar unit yang teridentifikasi Mazda Motor Corp yang dirakit antara 31 Juli 2009 sampai 14 Jan 2010.

"Solusi pencegahnya adalah dengan menambahkan kabel – yaitu ground harness – yang berfungsi untuk mencegah overheat. MMI telah menerima part yang diperlukan sejak kemarin. Konsumen silahkan menghubungi dealer resmi kami," katanya.

MMI saat ini memiliki 20 dealer yang tersebar di seluruh Indonesia termasuk di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Semarang, Jambi, Palembang, Pekanbaru, Banjarmasin, Balikpapan, Samarinda, Makassar, Bali, Medan, dan Batam.

RAJU FEBRIAN

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi