Nissan Indonesia Sudah Ajukan Proposal untuk Pasarkan Micra
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 3 Maret 2010 19:56 WIB
Nissan Micra (www.netcarshow.com)

TEMPO Interaktif, Jakarta - Varian hatchback anyar keluaran Nissan yang saat ini tengah dipajang di gelaran Geneva Motor Show 2010, New Nissan Micra sudah dipesan oleh PT Nissan Motor Indonesia (PT NMI) untuk dipasarkan di Indonesia. Paling lambat tahun depan mobil itu sudah dipasarkan di Indonesia.

"Kami sudah mengajukan proposal yang menyatakan ada interest dari kami, di Indonesia pasarnya juga potensial. Tetapi soal kapan waktunya, tentu yang akan memutuskan principal Nissan di Jepang," tutur Teddy Irawan, Direktur Pemasaran PT NMI, saat dihubungi di Jakarta, Rabu (3/3).

Teddy mengaku optimistis proposal tersebut bakal dikabulkan mengingat saat ini dari seluruh model Nissan yang dipasarkan di Indonesia belum ada varian hatchback kompak. Pada sisi lain, potensi pasar segmen ini di Indonesia cukup besar.

"Kalau dilihat average per tahun 30 persen partumbuhannya, dan Micra memiliki sejumlah keunggulan. Tetapi kapan persisnya dipasarkan, kami masih menunggu dari keputusan principal. Kalau kami sih ingin tahun ini," sebut Teddy.

Sejak awal Nissan Motor menyebutkan, varian anyar Nissan itu bakal dipasarkan ke 16 negara di seluruh dunia, termasuk negara-negara Asia Tenggara. Lantaran itulah, pabrikan ini menetapkan empat lokasi produksi Micra yaitu di India, Mexico, Cina, serta Thailand.

Micra ditawarkan dalam dua tipe mesin, yaitu mesin bensin HR12 1.200 cc tiga silinder yang bertenaga 80 PS dan torsi 108 Newtonmeter (Nm). Kedua mesin bensin 1.200 cc dengan turbocharger dan teknologi injeksi langsung yang menghasilkan tenaga hingga 98PS dan torsi 142 Nm. Varian ini juga dilengkapi teknologi start-stop system.

Namun keduanya menggunakan sistem transmisi yang sama yaitu manual dengan lima tingkat percepatan. Keduanya juga menggunakan teknologi Nissan's all-new Continuously Variable Transmission (CVT) di sistem transmisinya.

Mobil yang menggunakan platform baru Nissan yang disebut V-Platform dirancang dan telah melalui serangkaian ujicoba di Jepang. Nissan mengklaim, mobil fitur penunjang kenyamanan dan keselamatan berkendara yang lengkap, diantaranya Antilock Brake System (ABS), Electronic Stability Programme (ESP), pretensioner seat belts, dua airbag di depan, curtain airbags, serta airbag di samping penumpang dan pengemudi.

"Micra baru akan menjadi benchmark city car di Eropa. Dan kehadirannya merupakan kombinasi eksterior yang berukuran kompak namun lega di kabin, mesin kecil yang efisien, dengan serangkaian teknologi yang memudahkan," papar Simon Thomas, Senior Vice President for Sales and Marketing Nissan Eropa seperti dikutip autoevolution.

Namun sayang, belum ada keterangan resmi ihwal harga mobil tersebut.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi