SMU Gresik dan Makassar Juarai Toyota Eco Youth V
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 8 Maret 2010 21:36 WIB
Pemenang Toyota Eco Youth Berfoto bersama Menteri Negara Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta, Presdir TAM Johnny Darmawan dan Presdir TMMIN Nonami. Dok: Toyota
TEMPO Interaktif, Jakarta - Sebanyak dua Sekolah Menengah Umum (SMU) dari luar Jakarta yaitu SMU Semen Gresik dan SMU 21 Makassar berhasil menjuarai Toyota Eco Youth (TEY) 5. Masing-masing sekolah itu menjuarai kategori A dan B di ajang Eco Product International Fair (EPIF) 2010 yang berlangsung hingga Minggu (7/3) kemarin.

PT Toyota Astra Motor (PT TAM) dalam siaran persnya, Senin (8/3), menyebutkan Program TEY bertujuan menciptakan Sekolah Berwawasan Lingkungan Binaan Toyota yang kelak menjadi percontohan bagi masyarakat yang ingin mempelajari proyek-proyek praktis pengelolaan lingkungan.

“TEY merupakan upaya Toyota Indonesia untuk memberi sumbangan di bidang lingkungan hidup bagi bangsa dan negara Indonesia . Program berbentuk kontes kepedulian lingkungan ini melibatkan siswa di 22 SMA/SMK yang tersebar di 18 kota dari Sabang hingga Merauke,” papar Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT TAM.

Pada tahun kelima penyelenggaraan hajatan ini, TEY memfokuskan pada kontes keberlanjutan. Sehingga masing-masing sekolah dalam mengembangkan proyek perbaikan lingkungan diwajibkan menggunakan pendekatan sains dan teknologi tepat-guna berbasis lingkungan yang sesuai dengan kondisi serta kebutuhan sekolah maupuan daerah sekitarnya. 

Toyota memberikan bantuan awal sebesar lima belas juta rupiah kepada masing-masing peserta TEY-5 untuk menjalankan programnya. Setelah menjalani empat tahapan utama yaitu , pengumpulan data dari sekolah , proses mentoring, proses bimbingan kedua mengenai kemajuan lingkungan dan teknologi yang diterapkan di sekolah, serta penjurian akhirnya ditetapkan pemenang.

Para pemenang Toyota Eco youth 5 memperebutkan hadiah sebesar lebih dari Rp 200 juta berupa bantuan fasilitas pembelajaran.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi