New Honda CR-V: Demi Mempertahankan Mahkota SUV
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 9 Maret 2010 22:36 WIB
New Honda CR-V (Raju Febrian/TEMPO)
TEMPO Interaktif, Jakarta - Apa yang baru? Pertanyaan itu langsung berputar di kepala saya ketika Honda CR-V baru diperkenalkan pertengahan bulan kemarin. Maklum, lantaran ramainya wartawan yang hadir saya hanya bisa melihat mid-size SUV (Sport Utility Vehicle) terbaru Honda ini dari kejauhan.

"Tampilan CR-V baru yang makin revolusioner dan mewah untuk kelas SUV, kami takin generasi terbaru Honda CR-V ini akan meneruskan kejayaannya di Indonesia," kata Yukihiro Aoshima, President Director PT Honda Prospect Motor saat berpidato di peluncuran itu.

Mahkota SUV memang menjadi target Honda. Makanya, meski cuma facelift ternyata setelah dilihat dari dekat banyak juga gubahan baru mobil yang dilabeli tagline The Urban Nature Siganture ini.

Desain

Dari tongkorangannya CR-V mematahkan gambaran sebuah SUV pada umumnya yang berbentuk 'kotak-kotak'. CR-V tampil manis dan elegan meski tak meninggalkan karakter SUV sebagai kendaraan tangguh.

Penyempurnaan dilakukan Honda sejak dari sisi luar. Di bagian depan, Honda memasang front hood baru, front radiator grille dengan desain sarang lebah baru. Grill horizontal ini dilengkapi dengan chrome.

Sepintas kalau dilihat mirip-mirip gaya grille pada Honda Insight Hybrid dan Honda City.

Bumper depan dan belakang juga mendapat desain baru, meski tak terlalu kentara. Bagian pantat yang membulat menjadi tampilan CR-V manis.

Lampu kabut dan reflektor juga lebih oke, plus velg alloy wheels 17 inchi bagi dua variannya.

Interior

Itu dari tampilan luar. Begitu masuk ke bagian kabin, mata saya langsung terpusat pada head audio baru yang menggunakan fitur layar sentuh (touch screen). Sistem audio ini menggantikan model double DIN pada versi sebelumnya. Audio ini bisa memainkan DVD atau musik dari compact disc (CD), USB, maupun langsung dari digital player.

Sembari duduk di bangku pengemudi ternyata ada perubahan. Multi Information LCD tak lagi hitam tapi cerah dengan warna biru. Di layar ini Anda bisa mendapatkan semua informasi indikator semisal konsumsi bahan bakar, temperatur udara di lur kabin, dan door failure warning.

Jok pengemudi dibikin makin lebar dan dilengkapi 8-way power adjuster. Jadi kita benar-benar bisa mengatur jok senyaman mungkin dengan posisi mengemudi. Ditambahi pula dengan lumbar support.

Ada lagi, pada kursi baris depan CR-V ada armrest yang bisa membuat Anda nyaman saat mengemudi. Mirip-mirip yang digunakan pada Honda Freed.

Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Servis PT HPM, menyebut konsep CR-V baru ini dipersiapkan dengan matang. Ia bahkan berani menyebut New CR-V yang sudah terjual 43.684 unit sejak pertama kali diperkenalkan tahun 2007 itu naik kelas sebagai SUV premium.

"Mulai dari desain, performa, sampai fitur keselamatan, dan kenyamanan ala sedan menjadikan CR-V sebagai trend-setter SUV masa depan," bungah Jonfis.

Di segmen ini CR-V memang mendapat banyak pesaing. Sebut saja Nissan X-Trail (7 varian), Chevrolet Captiva (3 varian), Suzuki Grand Vitara (5 varian), Mazda CX-7 (2 varian), dan Ford Escape.

Performa

Rasanya tak tepat jika menyebut CR-V ini hanya facelift. Soalnya, penyempurnaan juga dilakukan Honda pada sisi performa.

Suspensi depan disesuaikan dengan bentuk rear compliance bush, tingkat kekakuan katup, serta sudut caster yang kian membuat CR-V baru ini berlari mulus.

Di balik kap mesin teronggok dua model mesin. Untuk tipe 2.0 liter menggunakan mesin i-VTEC SOHC dengan tenaga maksimal 150 ps pada 6.200 rpm dan torsi 190 Nm pada 4.200 rpm.

Selain transmisi otomatis 5 percepatan, untuk model ini juga tersedia transmisi manual 6 percepatan dengan teknologi sinkronisasi.

Bagi Anda yang suka melaju kencang maka CR-V dengan mesin 2,4L bisa jadi pilihan. Mesin i-VTEC DOHC ini punya tenaga 170 ps pada 5800 rpm dan torsi 218 Nm pada 4.200 rpm.

Khusus untuk mesin ini cuma ada yang bertransmisi otomatis 5 percepatan dengan tambahan teknologi Grade Logic Control.

Keamanan

Jonfis menyebut ada satu fitur penting di CR-V baru ini. Di bawah kemudi bagian kanan ada tombol Vehicle Stability Assist (VSA) dengan traction control. Fitur ini membantu pengemudi mengontrol kendaraannya saat komputer mendeteksi bakalan selip atau melintir.

Fitur keamanan lain? Super lengkap. G-COON, antilock braking system (ABS), electric brake force distribution (EBD), dual SRS Airbags, dan sabuk pengaman dengan tiga titik dengan pretensioner dan load limiters.

Sejak diperkenalkan 10 Februari kemarin, hanya dalam 10 hari, CR-V baru ini sudah ludes 1.472 unit. Tiga varian CR-V baru. Tipe 2.4L AT dijual dengan harga Rp 386 juta, tipe 2.0L AT Rp 357 juta, dan tipe 2.0L MT Rp 346 juta. Ketiganya sudah harga on the road Jakarta.

Bagaimana rasa mengemudikan New Honda CR-V? Tunggu laporan Tempo yang akan melakukan test drive menyusuri Semarang menuju Yogyakarta, pekan ini.

RAJU FEBRIAN

#Otomotif
#PT Honda Prospect Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi