Fiat, Mobil Paling Rendah Emisi C02  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 10 Maret 2010 20:04 WIB
Logo Fiat. REUTERS

TEMPO Interaktif, Jakarta - Untuk ketiga kalinya Fiat menduduki tempat tertinggi dalam tingkat emisi gas C02. Dengan demikian, Fiat dan Fiat Grup menjadi produk dan pabrikan otomotif dengan tingkat emisi CO2 terendah di Eropa versi Jet Fuel Assisted Take Off (JATO) Dynamics. JATO Dynamics adalah perusahaan analis pasar otomotif dunia yang berkantor pusat di Eropa.

"Baik Fiat maupun Fiat Grup telah menetapkan standar pengurangan emisi gas karbon pada produk mereka. (tingkat emisi itu) merupakan yang terendah di kawasan (Eropa)," sebut JATO seperti dikutip motor.org.uk.

Pada 2010 ini tingkat emisi gas buang model Fiat hanya 127,8 gram per kilometer. Sedangkan pada tahun lalu, tingkat emisi masih mencapai 133,7 gram per kilometer.

Selama pengujian, pabrikan otomotif asal Italia itu harus bersaing ketat dengan Toyota, Peugeot, serta Hyundai. Keempatnya memiliki tingkat emisi karbon di atas 130 gam per km.

"Di kategori kelompok pabrikan, Fiat juga menempati posisi teratas dengan menyisihkan Toyota, PSA, Renault serta Hyundai yang memiliki tingkat emisi C02 131 gram per km," tandas lembaga itu.

Hasil uji yang menempatkan Fiat sebagai jawara tingkat emisi gas karbon paling rendah itu, juga telah memasukan model-model anyar pabrikan tersebut yang dijual selama 2009 lalu.

Dan satu hal yang menarik, Fiat memaklumkan tekad untuk mencapai tingkat emisi sesuai dengan standar Uni Eropa pada 2012 mendatang. Sedangkan perserikatan negara-negara Eropa itu telah menetapkan aturan, dalam dua tahun mendatang, semua mobil baru yang ada di benua Eropa sudah harus memiliki tingkat emisi kurang dari 130 gram per km.

Bila tidak, maka mobil yang bersangkutan harus dengan besar hati tak bisa lalu lalang di seluruh daratan Eropa., semua itu demi keseimbangan lingkungan hidup dan kesehatan semua makhluk di bumi. Wow, luar biasa.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi