Indonesia Tak Akan Pasarkan VW Sharan Generasi Terbaru
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 11 Maret 2010 15:41 WIB
autoevolution.com
TEMPO Interaktif, Jakarta - Bagi Anda yang berminat untuk memiliki Volkswagen (VW) Sharan generasi anyar, tampaknya harus legowo bila tak bisa mewujudkan niat itu. Pasalnya, PT Garuda Mataram Motor (PT GMM) selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Volkswagen (VW) di Indonesia tak berniat memasarkan Multi Purpose Vehicle (MPV) VW tersebut.

Alasannya, banderol harga MPV tujuh penumpang itu tidak bersaing untuk dipasarkan di Indonesia. “Kami tidak punya rencana, meskipun saat ini porsi segmen MPV di pasar otomotif nasional masih cukup besar (sekitar 60 persen), namun kami tidak kan membawa Sharan. Harganya cukup mahal sehingga kurang bersaing,” papar Andrew Nasuri, Chief Executive Officer PT GMM, di Jakarta, Kamis (11/3).

Harga Sharan anyar, menurut Andrew, di negara asalnya masih sekitar US$ 35 ribu atau sekitar Rp 320 juta. “Itu belum termasuk bea masuk dan pajak impor dan lain-lain. Kami hitung-hitung harga akhirnya nanti tidak kompetitif. Kalau minat sih ada, karena kami selalu menggelar gathering para loyalist brand VW. Tapi kami berpikir kalau nanti hanya setengah-setengah ya lebih tidak,” papar Andrew saat dihubungi.

Seperti diketahui, Volkswagen AG saat ini tengah memperkenalkan generasi anyar VW Sharan di hajatan Geneva Motor Show 2010 yang berlangsung 3 - 14 Maret. MPV tujuh penumpang itu hadir di gelaran itu dengan penuh sentuhan perubahan baik pada eksterior maupun interiornya.

Panjang misalnya kini menjadi 4,85 meter (m) atau bertambah 220 milimeter (mm) dibanding generasi sebelumnya. Sedangkan lebarnya menjadi 1,9 m atau bertambah 92 mm.

Sementara keberadaan pintu geser elektrik memberikan akses yang lebih luas kepada penumpang untuk masuk dan keluar mobil. Kapasitas kabin pun kini bertambah. Total kapasitas bagasi kini mencapai 1.913 liter.

Sharan terbaru itu kini ditawarkan dalam dua varian mesin yaitu bensin dan diesel. Di tipe bensin 1400 cc, Twincharged Stratified Injection (TSI) menyemburkan tenaga hingga 150 PS, sedangkan mesin 2.000 cc menghasilkan tenaga 200 PS.

Sedangkan pada tipe mesin diesel 1.400 cc, Turbocharger Diesel Direct Injection (TDI) menghasilkan tenaga 140 PS dan mesin 2.000 cc bertenaga 170 PS.

Ihwal konsumsi bahan bakar VW mengklaim mobil yang akan dipasarkan mulai Juli mendatang itu lebih irit. Satu liter bahan bakar cukup untuk menempuh jarak 14 kilometer.

Sumber VW seperti dikutip carsnews menyebut, selain dipasarkan di benua Eropa, generasi terbaru Sharan itu juga akan di pasarkan di Amerika, Timur Tengah, serta Asia.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi