Gile, Revo Konsumsi 1 Liter untuk 187 Kilometer  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 16 Maret 2010 16:30 WIB
Pemenang Adu Irit Revo. Dok: Honda Motor
TEMPO Interaktif, Jakarta - Lomba adu irit konsumsi bahan bakar New Honda Revo 110 yang digelar di Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (15/3) mencatatkan hasil satu liter bahan bakar untuk jarak 187 kilometer.

"Rekor itu dipecahkan oleh Bambang Gunawan, dari kategori peserta umum. Bambang yang berprofesi sebagai wirastawan itu menggunakan Honda Absolute Revo 110 keluaran 2009," sebut siaran pers PT Astra Honda Motor, Selasa (16/3).

Sementara, Bambang mengaku kunci kemenangannya terletak pada gaya berkendara dia yang memacu motornya dengan kecepatan 35-40 kilometer (km) per jam dengan posisi gigi ermpat.

Pada gelaran di Sidoarjo itu, para peserta menempuh jarak sejauh 20,1 km di sepanjang jalan Lingkar Timur Sidoarjo. Sejumlah ketentuan diberlakukan dalam lomba ini, diantaranya sepeda motor dalam kondisi standar, rute yang ditempuh merupakan jalan umum yang mendatar dengan kondisi lalu lintas normal.

Panitia juga mengharuskan mesin tetap dalam kondisi menyala sepanjang perlombaan. Selain itu, kendaraan tidak boleh didorong serta diawasi ketat oleh marshal di sepanjang rute.

Sebelum perlombaan dimulai motor pemenang dicek ulang melalui proses scrutinizing dengan membongkar mesin untuk memastikan kondisi motor masih dalam keadaan standar. "Dengan kriteria ini, diharapkan masyarakat dapat membuktikan sendiri konsumsi BBM ideal Honda New Absolute Revo 110," tutur Julius Aslan, Direktur Pemasaran PT AHM.

Sedangkan penilaian lomba ini dilakukan oleh dewan juri yang terdiri dari akademisi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, wartawan otomotif, PT Astra Honda Motor, dan PT Mitra Pinasthika Mustika Surabaya yaitu dealer utama Honda di Jawa Timur.

"Hasil Adu Irit Revo ini cukup mengejutkan. Setidaknya hasil ini menjadi bukti nyata betapa efisiennya sepeda motor bebek Honda dan konsumen sendiri sudah membuktikan melalui kegiatan ini," tandas Julius Aslan.

Setelah adu irit di Surabaya yang digelar di Sidoarjo itu, PT AHM akan menggelar lomba serupa di Jakarta 28 Maret dan Bandung pada 11 April.

Berikut adalah juara pertama – kelima Adu Irit Revo di Sidoarjo:

1. Bambang Gunawan, Wiraswasta, 187,908 km/liter.2. Nur Akromin, Mahasiswa, 170,157 km/liter.3. Arifin, Wiraswasta, 167,077 km/liter.4. Hanindya, Karyawan Swasta, 160,539 km/liter.5. Agil, Mahasiswa, 127,875 km/liter

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi