Suzuki GSX-R600 Kini Dilengkapi Pilihan Tiga Model Berkendara
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 16 Maret 2010 16:57 WIB
Suzuki GSX R 600. Dok: www.totalmotorcycle.com
TEMPO Interaktif, London - Bersamaan dengan Yamaha yang meluncurkan dia model sportnya yaitu Fazer 8 dan FZ8, Suzuki Motor Inggris, Jumat (12/3) lalu meluncurkan generasi anyar dari Suzuki GSX- R600. Meski secara tampilan maupun kapasitas mesin tak mengalami perubahan dari generasi sebelumnya yang diluncurkan 2008 bahkan dengan model keluaran 1992.

Namun Suzuki mengklaim ada sentuhan perubahan sehingga model baru ini mudah untuk dikendarai di berbagai medan. “Dengan tidak meninggalkan performa mesin maupun tampilan, kami menambahkan Suzuki Drive Mode Selector di GSX-R600 anyar itu,” tutur sumber Suzuki Inggris seperti dikutip motorcyclenews.

Piranti itu, sebutnya, merupakan tiga pilihan mode berkendara yang bisa dipilih pengendara, gunanya untuk membatasi power sesuai dengan keinginan pengendara. Seperti diketahui, motor bermesin 599 cc ini bertenaga 112,3 bhp dan torsi 46 lb ft dengan kecepatan maksimum 264 kilometer per jam.

Dengan piranti itu, pengendara bisa memilih model A yaitu dengan gaya berkendara dengan tenaga motor penuh. Sementara model B, adalah gaya berkendara dengan tenaga 80 persen dari daya yang ada. "Sedangkan model C adalah gaya berkendara dengan tenaga 60 persen dari daya yang ada atau sekitar 65 bhp," terang sumber itu.

Seperti model sebelumnya, GSX-R600 ini berkerangka dari alumunium sehingga bobot bersihnya hanya 165 kilogram. Perangkat sistem suspensi pun masih sama, yaitu di bagian depan menggunakan USD fully adjustable dan belakang menggunakan Fully adjustable single shock.

Suzuki Inggris membanderol motor sport yang disebut-sebut pesaing terberat Yamaha R6 dan Kawasaki ZX-6 itu l 7.200 Poundsterling atau sekitar Rp 238,6 juta.

Lantas akankah model ini masuk ke Indonesia? Sumber Suzuki Indomobil selaku Agen Tunggal Pemegang Merek motor Suzuki di Indonesia menyebut mungkin saja generasi anyar GSX-R600 itu dipasarkan di Indonesia.

"Kalau kemungkinan pasti ada. Model sebelumnya sudah dipasarkan di Indonesia pada 2008 lalu, apalagi pasar motor sport di Indonesia juga terus tumbuh," tuturnya saat dihubungi, Selasa (16/3).

Dengan demikian, bagi yang berminat sumber itu menegaskan tak perlu khawatir dengan layanan purna jualnya.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi