Ford Luncurkan Generasi Anyar Pick Up F-Series Super Duty
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 18 Maret 2010 13:14 WIB
Sam VarnHagen/Ford Motor Co.
TEMPO Interaktif,Los Angeles: Ford Motor Co resmi meluncurkan pick up F-Series Super Duty model 2011. Generasi anyar F-Series tipe mesin disel dilengkapi teknologi untuk pilihan bahan bakar dengan komposisi 20 persen bahan bakar biodisel dan 80 persen solar biasa.

“Performa mesin tak akan mengecewakan. Hasil uji coba kami membuktikan tenaga yang disemburkan mesin mencapai 390 daya kuda pada 2.800 rpm dan torsi 735 ft lb pada 1.600 rpm,” tutur Ed Waszczenko, Kepala Divisi Ketahanan Mesin Ford Motor seperti dikutip fleetowner.com

Meski berbahan bakar campuran namun tidak berpengaruh buruk terhadap mesin. Pun dengan keamanan saat konsumen beralih dari solar biasa ke biodisel, Waszczenko mengatakan

"Masing-masing komponen yang terkena bahan bakar telah diuji, bahkan dalam kondisi campuran bahan bakar yang terjelek. Hal itu untuk membuktikan kompatibilitas dan daya tahan (mesin)," sebut Waszczenko seperti dikutip autoevolution.

Selain itu, dengan inovasi di mesin itu konsumsi bahan bakar F-Series anyar ini lebih irit 15 persen dibanding model 2010. Waszczenko menambahkan, proses pergantian bahan bakar itu bisa dilakukan oleh siapa pun. Prosesnya pun cukup sederhana.

Pick up yang menggunakan sistem transmisi otomotis enam tingkat percepatan itu, dilengkapi sejumlah fitur canggih. Hill Start Assist, yang berfungsi untuk mencegah rollback; Hill Descent Control, yang mengatur rem dan throttle saat mobil menuruni bukit atau turunan tajam lainnya. 

Sementara Electronic Locking Differential yang memberikan traksi maksimum di roda belakang pada kecepatan yang sama , sebuah piranti monitoring tekanan ban;, tirai aibag, perangkat hiburan berupa pemutar VCD/DVD denbgan layar datar ukuran 4.2 inci, fitur khusus Trailer Tow Brake Control dan Haul menjadi perlengkapan standar mobil ini.

Ford menyebut, membanderol pick up bermesin 6.7 liter Turbocharger V8 itu mulai US$ 28,995 atau sekitar Rp 270 juta. Tapi ingat itu harga off the road di Amerika.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi