Volvo 'Vampir' XC60 Segera Masuk Indonesia  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 19 Maret 2010 02:00 WIB
Volvo XC60 (www.volvo.com)
TEMPO Interaktif, Jakarta - Anda penggemar film Twilight Zone 'New Moon' pasti kenal mobil ini. Yup, Volvo XC60 yang dikendarai Si Vampir Edward Cullen bakal diboyong ke Indonesia tahun ini.

Paulus B. Suranto, Chief Executive Officer (CEO) PT Indobuana Autoraya, pemegang merek Volvo di Indonesia, mengatakan SUV berkategori crossover ini akan diboyong ke Indonesia sekitar gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010, Juli mendatang.

"Sebenarnya CX90 sudah diperkenalkan tahun lalu namun kami baru memasukkannya tahun ini," kata Paulus kepada beberapa wartawan di Jakarta, Kamis (18/3).

Penundaan ini berkaitan dengan kapasitas mesin. Saat ini XC60 yang tersedia baru bermesin 3.2 liter enam silinder. Sedangkan untuk Indonesia, PT Indobuana Autoraya rencananya akan melansir mesin yang lebih kecil yaitu 2.0 liter dan 2.5 liter.

Paulus mengatakan pemilihan kapasitas mesin yang lebih kecil ini mempertimbangkan harga jual di Indonesia. Untuk tipe 3.2 liter jika diboyong ke Indonesia bisa mencapai harga Rp 1,3 miliar. Angka ini berada di bawah SUV yang ada saat ini yaitu XC90 yang dibanderol Rp 950 juta.

"Sedangkan yang berkapasitas 2.0 dan 2.5 semoga bisa kita tekan ke angka di bawah Rp 1 miliar," ungkapnya.

Paulus mengatakan cukup yakin mobil ini akan menarik perhatian penggemar SUV premium. CX merupakan crossover yang menggabungkan kendaraan kota dan trademark XC bagi kaum urban muda yang aktif. Tampilan V-Shape dengan spoiler depan, lampu LED, bonet yang mengarah ke belakang menunjukkan ketangguhannya.

Berbagai fitur berteknologi tinggi disematkan di mobil ini antara lain Roll Stability Control (RSC) and Roll-Over Protection System (ROPS), Dynamic Stability and Traction Control (DSTC), Hill Descent Control (HDC), dan Continuously Controlled Chassis Concept (FOUR-C). Mesin 3.2 liternya saat ini menghasilkan tenaga 235 hp pada 6200 rpm dan torsi 236 lb-ft pada 3200 rpm.

RAJU FEBRIAN

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi