Splash, Buah Penelitian 10 Insinyur Suzuki di Jerman
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 21 Maret 2010 23:15 WIB
Suzuki Splash (Arif Arianto/TEMPO)

TEMPO Interaktif, Jakarta - Ucapan Endro Nugroho, Direktur Pemasaran PT SIS membuat saya penasaran. Ia menyebut Suzuki Splash sebagai mini Multi Purpose Vehicle (MPV). Maklum sejak awal yang ada di kepala saya, mobil ini adalah city car hatchback.

Namun, saya baru mahfum setelah Endro menjelaskan sejarah pembuatan Splash. “Suzuki Motors mengirimkan 10 engineer yang dikepalai Mister Akira Kamio, ke Jerman. Kehadiran mereka di negara itu bukan untuk mempelajari sebuah mobil, tetapi perilaku masyarakat di sana,” tuturnya.

Dengan melihat perilaku masyarakat di benua Eropa itulah, lahir konsep mobil yang ringkas, dinamis, fitur menunjang kenyaman dan keamanan. Itulah sebuah paduan antara kebutuhan gaya hidup dengan inovasi teknologi.

Konsep Splash pertama kali diperkenalkan di Mondial de l’Automobile Show Paris September 2006. "Awalnya akan dinamakan mini wagon, tetapi nama itu dirasa kurang familiar. Akhirnya mengunakan nama mini MPV," terang Endro.

Tak jadi soal, toh, faktanya Splash juga telah memenuhi unsur-unsur sebuah MPV, khususnya secara fungsional. Kapasitas yang cukup untuk menampung satu keluarga (satu keluarga muda dengan dua anak), mesin dan fitur penunjangnya pun dirancang mendukung fungsi itu.

Fitur-fitur trendy yang atraktif seperti USB Connection, iPod connection, CD player, MP3, serta piranti sistem audio rasanya cukup untuk mobil ini.

Splash yang diposisikan sebagai alternatif diantara Karimun Estillo dan Swift itu ditawarkan dalam dua tipe yaitu tipe standard dan tipe GL. Tipe pertama dibanderol Rp 139 juta, dan tipe kedua dihargai Rp 145 juta (on the road Jakarta).

SPESIFIKASI

DIMENSIPanjang: 3.715 mmLebar: 1.680 mmTinggi: 1.618 mmJarak Sumbu Roda: 2.360 mmRadius putar: 4.700 mm

MESINTipe: K12M DOHCSilinder: 4, in-lineJumlah katup: 16Kapasita: 1200 ccTenaga Maks: 85 PS @ 6.000 rpmTorsi Maks: 113 Nm @ 4.500 rpm

LAINNYASetir: Electronic Power SteeringSuspensi: MacPherson Strut & Coil Spring (depan); Torsion Beam & Coil Spring (belakang)Sisrem Rem: Disc Brake (depan); Drum (belakang)Ban: Steel 165/80R14 (tipe standar); Alloy 185/60R15 (tipe GL)

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi