Toyota dan Nissan Tingkatkan Produksi 2010
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 24 Maret 2010 09:37 WIB
AP/Shizuo Kambayashi
TEMPO Interaktif, Tokyo - Pabrikan otomotif Toyota Motor Corp tahun ini hanya akan meningkatkan produksi sebesar 1 persen untuk seluruh pasarnya di dunia. Dengan demikian, Toyota hanya akan memproduksi 7,57 juta unit saja untuk memenuhi permintaan.

Sumber Toyota seperti dikutip Reuters, Selasa (23/3), mengatakan di penghujung tahun lalu pabrikan telah menyatakan pada 2010 memproduksi 7,49 juta unit. “Namun, kemudian direvisi karena meningkatnya permintaan akibat subsidi untuk mobil hemat bahan bakar di Jepang,” tutur sumber yang tak mau disebut identitasnya itu.

Toyota juga berencana menaikkan produksi mobil hybrid menjadi 40 ribu unit di Jepang. Sementara di Amerika Utara produksi pabrikan ini justru diturunkan menjadi 60 ribu unit. Penurunan itu menyusul isu penarikan produk yang terjadi akhir-akhir ini.

Peningkatan produksi juga akan dilakukan produsen mobil Jepang lainnya, yaitu Nissan Motor Co. Mulai April mendatang, pabrikan ini akan menggenjot produksi globalnya hingga 13 persen.

Juru bicara Nissan Toshitake Inoshita mengaku pihaknya telah memberitahu perusahaan pemasok komponen ihwal rencana itu. Inoshita menambahkan pihaknya mematok target produksi 3,698 juta unit mobil mulai 2011.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi