Piaggio Indonesia Luncurkan Vespa LXV 125 Mei Mendatang  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 5 April 2010 14:27 WIB
es.vespa.com
TEMPO Interaktif,Jakarta:PT Sentra Kreasi Niaga, selaku Agen Tunggal Pemegang Merek Piaggio di Indonesia Mei mendatang akan meluncurkan model anyar dari varian Vespa LXV, yaitu Vespa LXV 125. Generasi anyar Vespa yang sudah menggunakan sistem injeksi langsung itu akan dibanderol Rp 58 juta.

“Model dengan injeksi langsung ini sudah diluncurkan di Eropa bahkan Amerika, karena penggunaan injeksi ini dinilai lebih irit, sehingga sesuai dengan isu lingkungan yang berkembang di kawasan itu. Karena itu, kami akan membawanya ke Indonesia , sekarang sudah dikapalkan,” papar Nugroho Tjandrakusuma, Presiden Direktur PT SKN kepada Tempo di Jakarta, Senin (5/4).

Penggunaan teknologi injeksi itu, sebut Nugroho, menyebabkan tingkat konsumsi bahan bakar baru itu lebih irit 15-20 persen dibanding model lama yang menggunakan karburator. “Tenaganya juga lebih besar karena proses pembakaran juga lebih efektif dengan teknologi injeksi ini, kalau di negara Eropa atau Amerika model ini disebut sebagai eco smart engine model,” aku dia.

Ihwal prospek pasar, pria ramah itu mengaku optimistis model terbaru itu bisa diserap pasar. Meski pangsa pasar yang digenggam Vespa saat ini masih relative kecil, namun Nugroho menyebut model yang dipasarkannya memiliki pangsa pasar yang pasti. “Brand Vespa atau Piaggio memiliki captive market yaitu konsumen loyoal,” terangnya.

Lantas ia menyodorkan bukti, sepanjang tiga bulan pertama 2010 ini penjualan model Vespa mencapai 111 unit. “Untuk April ini sudah banyak masuk pemesanan. Sehingga, nanti kalau LXV masuk, kami optimistis respon konsumen akan bagus,” sebut Nugroho.

Sebelumnya, seperti dikutip autovolution.com, pabrikan sepeda motor asal Italia, Piaggio, mengumumkan telah melengkapi sejumlah model anyarnya, yaitu Vespa S 2011 150, LX 150, dan LXV 150 dengan teknologi injeksi bahan bakar elektronik. Walhasil, dengan teknologi yang disebut Eco Smart Engine itu, tingkat konsumsi bahan bakar skuter itu lebih irit 15 persen dari model sebelumnya.

Paolo Timoni, Chief Executive Officer Amerika Serikat, mengklaim, berkat teknologi injeksi secara elektronik itu menjadikan model anyar yang menyandang teknologi mampu melesat hingga kecepatan 60 mil per jam atau 96 kilometer per jam. Bahkan, satu galon ( atau sekitar 3,78 liter) untuk jarak 136 kilometer.

“Konsumsi bahan bakarnya lebih irit 15 persen, sudah semestinya ada di garasi rumah anda," tandas Timoni.

Piaggio membanderol Vespa S 150 i.e, berteknologi injeksi elektronik itu mulai US$ 4,399 atau sekitar Rp 40,47 juta.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi