Kia Motors Luncurkan Empat Model Anyar di NYIAS 2010
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 6 April 2010 09:29 WIB
Produsen mobil Korea, Kia Motor memperkenalkan mobil terbaru mereka Kia Forte di Seoul, Korea Selatan. Foto: AP/Ahn Young-joon
TEMPO Interaktif, New York - Pabrikan otomotif asal Korea, Kia Motors, memboyong empat model anyarnya, yaitu Sport Utility Vehicle Kia Sportage, Sedan Optima, Crossover Utility Vehicle Sorento SX, dan hatchback Kia Forte ke hajatan New York International Auto Show (NYIAS) 2010. Ketiga yang pertama telah kerap disebut oleh berbagai media internasional, bahkan jauh sebelum pameran otomotif itu berlangsung.

Lantas bagaimana dengan Kia Forte? “Hatchback lima pintu itu dirancang lebih sporty, dinamis dan diperuntukkan bagi mereka yang berjiwa muda,” sebut siaran pers Kia Motors seperti dikutip autoguide.com.

Hatchback anyar yang sekaligus diluncurkan di NYIAS itu menggunakan basis Forte sedan. Sebagai penanda perubahan, Kia membuat grill baru untuk Forte baru tersebut. Terlebih, Kia juga melengkapinya dengan paddle-shift serta perangkat sistem navigasi terbaru.

Sedangkan soal mesin, Kia menawarkan dua pilihan yaitu mesin bensin 2.000 cc dan 2.400 cc. Sementara sistem transmisi, ditawarkan sistem manual dan otomtis dengan enam tingkat percepatan.

Sedangkan Kia Sportage baru yang menemani Forte di ajang itu diproduksi dalam dua varian mesin, bensin dan disel. Keduanya dibekali mesin 2.400 cc DOHC 16 valve empat silinder. Sprague mengatakan sistem transmisi kedua varian telah dilengkapi Continously Variable Value Timing.

Menariknya, masing-masing varian ditawarkan dalam dua sistem transmisi yaitu otomatis dan manual dengan enam tingkat percepatan. Ihwal konsumsi bahan bakar, Kia mengklaim mesin andalan barunya itu lebih irit 20 persen dibanding mesin generasi sebelumnya.

Untuk jalanan di dalam kota, Kia menyebut, satu liter untuk 10,3 kilometer untuk jarak yang ditempuh. Sedangkan untuk jalanan di luar kota (tanpa ada kemacetan) pemakaian bahan bakar bisa mencapai satu liter untuk 13,9 kilometer.

Adapun sedan Kia Optima atau yang juga disebut Kia Magentis mengusung dua pilihan mesin bensin yaitu 3.500 cc V6 atau 3.800 cc. Magentis baru itu diklaim lebih kekar ketimbang generasi sebelumnya.

Dengan panjang 4,8 meter (m), lebar 1,8m, tinggi 1,4 meter serta jarak sumbu roda 2,7 m membuat kapasitas mobil lebih besar daripada generasi pendahulunya.

Hanya, Kia tak menyebut banderol harga keempat model anyarnya itu.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi