Dua Pekan Diluncurkan, Splash Terjual 903 Unit  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 6 April 2010 11:05 WIB
Suzuki Splash (Arif Arianto/TEMPO)
TEMPO Interaktif, Jakarta - Meski baru diluncurkan dua pekan – 20 Maret – penjualan Suzuki Splash telah melebihi target yang telah ditetapkan. Hingga Senin (5/4) kemarin, penjualan model mini multi purpose vehicle (MPV) anyar Suzuki itu telah terjual 903 unit.

“Seperti yang kami nyatakan sebelumnya, target penjualan Splash ini 800 unit per bulan. Tetapi hasil rekap hingga akhir pekan kemarin sudah mencapai 903 unit. Ini artinya sudah melebihi target,” papar Endro Nugroho, Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) kepada Tempo di Jakarta, Selasa (6/4).

Meski sebagian besar penjualan itu masih dalam wujud form A, atau masih dalam proses pengurusan surat-surat registrasi di kepolisian, Endro optimistis angka tersebut sudah mewakili angka penjualan. “Karena untuk pengurusan form A ini butuh waktu dua minggu, tetapi kalau melihat proses di lembaga pembiayaan yang ada saat ini, kami yakin ini sudah proses closing penjualan,” aku dia.

Endro juga menampik anggapan bahwa tanggapan masyarakat terhadap mobil kecil bermesin 1.200cc DOHC itu hanya euforia semata karena gencarnya komunikasi produk, setelah itu bakal menyusut. Menurut dia, tanggapan konsumen lebih dikarenakan performa mesin dan desain yang ditawarkan mobil ini dinilai sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen.

“Apalagi harganya pas bila dibanding dengan mobil kecil lainnya, baik di Suzuki maupun merek-merek lain. Jadi sangat wajar bila responsnya tinggi. Di Surabaya saja kami jatah 70 unit tetapi pesanan sampai akhir pekan kemarin sudah 170 unit,” tandas dia.

Jakarta, Bali, Jawa Tengah dan Yogyakarta, Jawa Barat, serta Sumatera juga mencatat permintaan yang cukup signifikan, yaitu di atas 100 unit. “Tetapi yang paling besar masih di Jakarta dan sekitarnya, hampir 40 persen dari total penjualan,” sebut Endro.

Seperti diketahui, Splash ditawarkan dalam dua tipe Tipe standar dibanderol Rp 139 juta, dan tipe GL dihargai Rp 145 juta on the road Jakarta. Mesin 1.200 cc yang disandangnya mampu menyemburkan tenaga hingga 85 PS di 6.000 rpm dengan torsi maksimum 13 Newton meter pada 4.500 rpm.

Sebelumnya, Deputi General Manager Marketing Brand II PT SIS John Saragih menyebutkan Suzuki Splash itu diposisikan di antara Karimun Estillo dan Suzuki Swift. Artinya, baik mesin, desain eksterior maupun interior, serta harga Splash berada di antara keduanya.

“Sehingga konsumen memiliki pilihan yang lengkap di varian yang ditawarkan Suzuki,” tandas dia.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi