Equus, Sedan Mewah Besutan Hyundai Dibanderol Rp 460 Juta
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 6 April 2010 15:49 WIB
autoevolution.com
TEMPO Interaktif, New York - New York, kota paling sibuk di dunia, menjadi saksi tonggak sejarah baru Hyundai Motors. Sebab, di kota itulah pabrikan otomotif asal Korea Selatan itu meluncurkan sedan premiumnya, Hyundai Equss.

Model paling gres dari Hyundai itu, dipajang di perhelatan New York International Auto Show 2010 yang berlangsung 31 Maret – 11 April. “Equss memiliki desain khusus yang tak kalah dengan sedan mewah kelas dunia seperti Lexus Ls460, Audi A8, atau Mercedes S550,” sebut siaran pers Hyundai seperti dikutip autoevolution.com

Aura kemewahan sedan besutan Hyundai itu terlihat mulai dari gril yang desainnya mirip dengan sedan keluaran Mercedes. Sementara pada bagian kabin, balutan kulit kelas wahid dan paduan aksen kayu di beberapa panelnya memantik kesan eksklusif.

Terlebih sedan ini juga dilengkapi kursi yang bisa disetel untuk menghangatakan badan atau sebaliknya sesuai dengan cuaca yang tengah berlangsung. Bahkan, Hyundai juga merancang kursi itu memiliki fungsi memijat penumpang. Ini persis dengan kursi yang ada di sedan Lexus tipe tertentu.

Sementara untuk kenyamanan pengemudi, pabrikan otomotif asal Negeri Ginseng itu menyematkan piranti navigasi Global Positioning System (GPS), koneksi Bluetooth, USB, MP3 di dashboard Equus.

Sedangkan untuk fitur keselamatan, Hyundai membekali Equus dengan Electronic Stability Control (ESC), sistem pengaturan kestabilan berkendara (VSM), serta smart cruise control. Tak lupa, Hyundai menyediakan sembilan buah airbag untuk mencegah benturan fatal di saat terjadi kecelakaan.

Ihwal dapur pacu, Hyundai menyebut melengkapi sedan mewah itu dengan mesin 4.600 cc V8. Mesin itu diklaim mampu menyemburkan tenaga 285 daya kuda dan torsi 451 Newtonmeter. “Akselerasi dari posisi diam (0 kilometer per jam) ke kecepatan 100 km per jam dicapai dalam tempo 6,4 detik,” sebut Hyundai.

Daya yang disemburkan mesin tersebut dipadu dengan sistem transmisi otomotif ZF enam tingkat percepatan. Dengan serangkaian keunggulan yang ditawarkan itu, Hyundai Motors mengaku membanderol Equus US$50,000 atau sekitar Rp 460 juta.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi