Asyiiikk... Vios Wajah Baru, Tapi Harga Lama
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 6 April 2010 17:30 WIB
Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (kanan) dan Imai Hideyuki, Wakil Presiden Direktur TAM, saat memperkenalkan New Vios di Jakarta, Kamis (6/4). (Raju Febrian/TEMPO)
TEMPO Interaktif, Jakarta - PT Toyota Astra Motor (TAM) secara resmi melansir Toyota New Vios di Jakarta, Selasa (6/4) siang. Asyiknya, dengan tampilan baru, harga New Vios tetap sama alias sama sekali tidak ada kenaikan.

Artinya, Vios tipe G A/T tetap dilansir dengan harga Rp 232,2 juta, tipe seharga G M/T Rp 219,4 juta dan tipe dibanderol E M/T Rp 206,4 juta.

"Kita memang tidak menaikkan harga Vios baru ini. Salah satu alasannya karena menguatnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika," kata Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor di sela-sela perkenalan New Vios di Sampoerna Strategic Square.

Dari sisi tampilan eksterior, New Vios tidak banyak mengalami perubahan alias minor change. Bagian yang dipoles antara lain grill depan, bumper depan dan belakang, lampu depan dan belakang, serta desain velg baru berukuran 15 inci.

Bagian interior mendapat perubahan pada sisi setir dan tuas trasmisi yang dibalut kulit, arm rest dan cup holder di bangku belakang, audio switch control pada setir (tipe G), center cluster baru, serta AVX audio system.

Sedangkan mesin tidak ada perubahan. Vios tetap mengandalkan mesin 1NZ-FE berkapasitas 1.427 cc, 4 silinder segaris, 16 katup, DOHC, VVT-i. Mesin ini menghasilkan tenaga maksimal 109 dk @ 6.000 rpm dan torsi 141 Nm @ 4.200 rpm. Perlengkapan standar keamanan aktif adalah ABS, EBD dan BA.

Pada kesempatan yang sama TAM juga memperkenalkan keluarga baru Vios, yaitu Vios TRD Sportivo. Sesuai embel-embel TRD, Vios model ini tampil lebih sporty dengan tambahan bodykit seperti bumper depan dan side skirt.

Selain itu juga ada tambahan fasilitas audi-video AVX Navy Ready. Sedangkan untuk harga, versi TRD ini lebih mahal Rp 22 juta menjadi Rp 254,4 juta.

Meski tak mau menyebut soal target, Joko Trisanyoto, Direktur Marketing TAM mengatakan yakin New Vios akan mampu melanjutkan dominasi Toyota di segmen mini sedan. "Di tiga bulan pertama tahun 2010 ini, Vios menguasai 55% pangsa pasar. Kita berharap akan terus mempertahankan posisi ini," katanya diplomatis.

RAJU FEBRIAN

#Otomotif
#Toyota Astra Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi