Hamman Luncurkan Pelek Edisi Khusus  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 12 April 2010 13:02 WIB
dok. hamann
TEMPO Interaktif, Berlin - Rumah modifikasi dan tunner di Jerman, meluncurkan pelek edisi khusus dalam rangka memperingati 24 tahun kelahirannya. Anniversary Evo Rim, itulah nama pelek anyar itu.

Siaran pers Hamman seperti dikutip autoevolution.com, Minggu (11/4) menyebut, pelek ukuran 22 inci itu telah mendapat sertifikasi mutu dari Lembaga Sertifikasi Mutu Jerman, TUV German.

“Pelek paling gres ini cocok untuk digunakan oleh BMW X5, BMW X5M, BMW X6, BMW 5 Seri GT, BMW Seri 7. Selain itu, pelek ini juga pas untuk melengkapi tampilan kaki- kaki Range Rover dan Range Rover Sport,” sebut sumber Hamman.

Sesuai dengan namanya, yaitu edisi khusus, pelek ini memiliki desain khusus monobloc dengan fitur palang yang lebih ramping dan panjang. Bagaimana Anda tertarik? 

Hamman membanderol produk anyar besutannya itu 3.460 euro atau sekitar Rp 42,1 juta untuk satu set yang terdiri dari empat buah. Ingat, harga sebesar itu untuk di Jerman dan negara-negara lainnya di Eropa.

Seperti diketahui, Hamman yang berdiri April 1986 dikenal sebagai tunner khusus untuk mobil mewah asal Jerman, khususnya BMW. Namun dalam perkembangannya, rumah modifikasi itu dan tunner itu juga memodifikasi mobil produksi pabrikan Jerman lainnya bahkan dari negara lain, seperti Inggris, Italia, dan lainnya.

Di antara model yang mendapat sentuhan modifikasi Hamman adalah Audi, Aston Martin, Bentley, MINI, Ferarri, Fiat, Jaguar, Land Rover, Maserati, Mercedes, Roll Royce, Porsche, dan Lamborghini. Selama ini, konsep modifikasi dan tunning Hamman dikenal ekstrem.

Salah satu mobil yang disebut Hamman dengan konsep modifikasi atau tunning seperti itu adalah BMW M3 E30 yang menggunakan kompresor. Berkat piranti itu, BMW M3 E30 mampu menyemburkan tenaga hingga 348 daya kuda, meski bermesin 2.300 cc. 

Karena perangkat itu pula, BMW tersebut mampu berakselerasi dari posisi 0 kilometer (km) per jam ke 100 km per jam hanya dalam tempo 5,1 detik. Bahkan, mampu melesat hingga 273 km per jam.

ARIF ARIANTO 

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi