Mazda2 Sedan Diperkenalkan di Sentul
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 15 April 2010 23:09 WIB
Mazda2 Sedan yang dijajal wartawan di Sentul International Circuit, Jawa Barat, Kamis (15/4). (Raju Febrian/TEMPO)

TEMPO Interaktif, Jakarta - Rencana PT Mazda Motor Indonesia (MMI) melansir Mazda2 sedan di tanah air akhirnya terbongkar juga. Pemegang merek Mazda di Indonesia itu akhirnya mengenalkan jagoan barunya itu kepada wartawan di Sentul International Circuit, Kamis (15/4) siang.

Sebelumnya Mazda memang menutup rapat niatannya ini meski beberapa indikasi secara diam-diam sudah terlihat. Namun Mazda akhirnya mengenalkan bahkan memberikan kesempatan bagi wartawan untuk menjajal Mazda2 Sedan ini.

"Misi kami adalah membawa produk yang kompetitif ke Indonesia. Kami sudah membuktikannya lewat Mazda2 hatchback, kini akan kami hadirkan lewat Mazda2 Sedan," kata Yoshiya Horigome, Presiden Direktur PT Mazda Motor Indonesia dalam sambutannya.

Dari tampilan luarnya, Mazda2 Sedan tidak banyak berbeda dibandingkan model hatchbacknya. Perbedaan paling mencolok adalah bagian buritan yang ditambahi bagasi yang sanggup memuat barang sampai 450 liter. Tampilan belakangnya mirip-mirip sedan Mazda6, terutama bagian lampu belakang. Namun bagian buritan Mazda2 Sedan terlihat lebih nungging dibandingkan Mazda6.

Bagian interior seperti dashboard, audio sistem, information display, dan kemudi sama persis dengan model hatchback. Yang sedikit berbeda adalah penggunaan dua warna pada bagian kursi.

Seperti juga model hatchback, Mazda2 Sedan juga tetap menggunakan mesin MZR 1.5L In-line 4 cylinder DOHC 16 valve. Tenaga yang dihasilkan 103 PS pada rpm 6.000 dengan torsi 135 Nm di rpm 4.000. Transmisi yang disediakanpun sama, yaitu otomatis 4 percepatan dan manual 5 percepatan.

Mesin ini ditopang teknologi S-VT (sequential valve timing system) dan Electronic throttle. Pihak Mazda mengklaim versi sedan ini hanya mengkonsumsi bahan bakar 1 liter untuk 15,6 kilometer.

Lalu berapa harga dan peluncuran resminya? Pihak Mazda kembali bungkam. "Nanti sajalah, sekarang Anda coba saja dulu," kata Yoshiya Horigome.

Yang pasti, pasar mini sedan tanah air bakal makin ramai. Mazda2 Sedan akan bertarung dengan dua model yang selama ini dominan yaitu Toyota Vios yang juga baru meluncurkan model terbarunya serta Honda All New City.

RAJU FEBRIAN

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi