New Ford Fiesta Laris Manis di Eropa  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 19 April 2010 14:25 WIB
thetorquereport.com
TEMPO Interaktif,Detroit:Model anyar besutan Ford, New Ford Fiesta sepanjang Maret lalu laris manis di benua Eropa. Dalam rentang 30 hari, hatchback itu terjual 68 ribu unit.

“Dibanding Februari, penjualan Maret itu mengalami peningkatan dua kali lipat. Sedangkan dibanding Maret tahun lalu penjualan Fiesta anyar itu meningkat 29 persen,” sebut siaran pers Ford Motor Company (FMC) seperti dikutip worldcarfans.com, Senin (19/4).

Pabrikan otomotif asal Amerika Serikat itu juga menyebut, total penjualan produknya - baik truk maupun mobil -  selama Maret lalu mencapai 192.500 unit. Total penjualan sepanjang maret lalu itu meningkat 16 persen dibanding Maret tahun sebelumnya.

“Bahkan di 19 negara Eropa kami berhasil menggenggam 19 persen pangsa pasar. Ini merupakan penguasaan pangsa pasar terbesar dalam sejak 1998,” sebut sumber di Ford.

Lantas bagaimana dengan rencana peluncuran Ford Fiesta di Indonesia yang dijadwalkan Juli mendatang? “Tetap, kami tetap mematok Juli sebagai waktu peluncuran sekaligus pemasaran mobil tersebut. Tepatnya 23 Juli,” aku Davy Tuilan, Direktur Pemasaran PT Ford Motor Indonesia (FMI) saat dihubungi Tempo.

ford fiestaNamun  bagi calon pembeli yang ingin memesan, kata Davy, PT FMI mulai membuka pemesanan pada 1 Mei mendatang. “Tetapi  soal harga, sekali lagi kami belum bisa menyampaikan karena masih dikaji berkiatan dengan kurs rupaih terhadap dolar. Yang pasti kompetitif,” ujarnya.

Soal target, ia menyebut direncanakan bisa terjual 300 unit saban bulannya. Dengan kata lain, dua varian Fiesta yang akan diluncurkan yaitu hathbcak dan sedan tersebut diposisikan sebagai tulang punggung baru penjualan FMI di Indonesia.

Pria ramah ini mengaku optimistis penjualan kedua varian Ford itu bakal menuai keberhasilan mengingat keduanya memiliki keunggulan baik di performa mesin maupun fitur pendukungnya. 

Selain itu banderol harga Fiesta juga bakal bersaing. Meski tak menyebut angkanya, namun Davy memberi ancar-ancar harga itu tak jauh beda dengan Toyota Yaris, Suzuki Swift, Honda Jazz, serta Mazda 2. 

Memang, antara Mazda 2 dengan Fiesta ada sedikit persamaan yaitu sama-sama dirakit di Thailand dalam satu pabrik. Sedan empat pintu dan hatchback lima pintu itu kemungkinan dibekali mesin 1.400 cc dengan tenaga  95 daya kuda  dan torsi 128 Newton meter.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi