ChryslerFiat Berkongsi, Tampilan Jip Wrangler Tak Akan Diubah  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 22 April 2010 08:38 WIB
Foto: jeep.com
TEMPO Interaktif, Detroit - Kegundahan para pecinta mobil jip Wrangler terhadap kemungkinan perubahan tampilan mobil jip besutan Chrysler setelah kesepakatan aliansi Chrysler – Fiat pertengahan 3009 lalu, terjawab sudah.

Kedua perusahaan itu tak akan mengutak-atik tampilan Wrangler, kendati perubahan tampilan produk merupakan hal yang lazim pascakesepakatan kongsi diteken. “Platform Wrangler tetap menjadi platform ekslusif model itu,” tandas Mike Manley, bos Wrangler, kepada The Detroit News, Rabu (21/4) waktu setempat.

Memang, kata Manley, penggunaan platform bersama pascaaliansi dua perusahaan merupakan hal yang penting guna menekan ongkos pengembangan produk. Hanya, lanjut dia, saat ini Wrangler merupakan konsep yang sangat langka di dunia. “Karenanya perlu perlakukan yang berbeda,” tandas dia.

Sebelumnya, Chief Executive Officer Chrysler – Fiat, Sergio Marchionne, mengatakan dalam rencana lima tahun yang disusun perusahaan, Wrangler bakal mengalami perubahan sesuai dengan keinginan pasar. Selain itu, pada akhir 2011, juga akan ada perubahan terhadap jip yang kesohor di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia itu.

Rencananya Wrangler akan menggunakan satu dari dua platform yang merupakan hasil pengembangan bersama yang dilakukan Fiat dan Chrysler. Namun salah satu platform itu akan menjadi milik Wrangler sepenuhnya.

Wrangler merupakan Jip produk Chrysler yang mencatatkan penjualan gemilang. The Motor Report melaporkan di Amerika Serikat saja, sepanjang 2009 lalu penjualannya mencapai 82 ribu unit. Sedangkan di Australia pada tahun yang sama mencapai 732 unit, bahkan pada tahun ini di negara itu penjualan sudah mencapai 235 unit.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi