Upss Reclining Seat Tak Beres, Hyundai Didenda US$ 1,8 Juta  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 27 April 2010 18:00 WIB
autobytel.com
TEMPO Interaktif, San Angelo - kibat masalah pada sisitem reclining seat, Hyundai harus membayar denda yang dijatuhkan pengadilan setempat sebesar USD1,8 juta atau sekira Rp16.2 miliar.

Pabrikan otomotif asal Korea Selatan, Hyundai Motors diharuskan membayar denda US$ 1,8 juta  atau sekitar Rp 16,2 miliar oleh pengadilan San Angelo, Amerika Serikat. Pasalnya, salah satu produk pabrikan ini, Sport Utility Vehicle (SUV) Hyundai Tucson, telah menyebabkan hilangnya nyawa wanita belia, Sarah Goodner.

Seperti diwartakan autoevolution.com, Selasa (27/4), Dewan Juri Pengadilan San Angelo telah menemukan ketidakberesan di reclining seat jok depan mobil Hyundai Tucson produksi 2005. Akibat permasalahan di jok itulah yang menjadi penyebab Goodner harus meregang nyawa.

Ceritanya,  di Juli 2007, Goodner terlelap di bangku bagian depan Tucson yang ditumpanginya. Tak lupa, dara 19 tahun itu mengenakan sabuk pengaman plus merebahkan sandaran jok  agar acara tidur semakin nyaman.

Malang tak bisa diduga untuk tak bisa dikejar. Tiba-tiba, mobil itu terguling di jalan raya Texas Barat. Seketika itu pula, gadis naas itu terlempar dari mobil dan tewas.

Perkara pun di gelar dan bukti-bukti pun diajukan. Setelah melalui proses pengadilan yang panjang – hampir tiga tahun – Dewan Juri Pengadilan San Angelo menemukan bukti bahwa jok yang  direbahkan ternyata tidak mampu menahan seseorang terlempar ke luar mobil meski telah menggunakan sabuk pengaman.

Para juri itu juga menganggap pabrikan asal Korea Selatan itu harus bertanggungjawab atas kelalaian itu dan diganjar denda.  “Industri (pabrikan mobil) dan dealer mempromosikan bahwa reciling seat merupakan aksesoris yang mewah namun nyaman bagi penumpang. Padahal, sejatinya berbaring saat di perjalanan dengan piranti itu justeru menyebabkan cerdera parah di kala kecelakaan,” papar Todd Tracy, seorang pengacara di kota itu.

Pengacara ini sempat geram saat mendengar pembelaan Hyundai yang menyebut reclining seat seharusnya digunakan saat mobil diam alias tidak berjalan. Lebih dari itu, pabrikan asal Negeri Ginseng itu menyebut, kecelakaan seperti itu terjadi karena konmsumen tidak membaca buku manual.

Tracy pun menegaskan, sudah semestinya Hyundai menggunakan reclining seat seperti yang digunakan mobil merek lain, yaitu akan kembali tegak ke posisi semula kala kecelakaan terjadi

 

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi